Olahraga

PSSI Jatim Optimis Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua Umum PSSI Jawa Timur, Ahmad Riyadh optimis Indonesia bakal terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dalam proses bidding FIFA. Salah satunya, veneu yang akan digunakan adalah Stadion Gelora Bung Tomo.

Hal tersebut dikatakan Riyadh karena melihat beberapa aspek yang menurutnya lebih unggul dibanding negara-negara lain yang mengikuti proses bidding. “Kami optimis Indonesia akan lolos verifikasi jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Sebab ada beberapa aspek yang tentu Indonesia lebih unggul ketimbang negara lain,” kata Riyadh, Selasa (24/9/2019).

Riyadh mencontohkan, Piala AFF U-19 (2013 dan 2018) dan AFF U-16 2018 sukses digelar di Sidoarjo. Sebab pertandingan kelompok umur sangat digandrungi oleh masyarakat. “Piala Dunia negara kita lebih ramai, karena kelompok umur di negara kita itu sangat diminati. Kalau nonton di negara lain, kelompok umur itu yang melihat hanya orang tuanya saja. Justru di negara kita ini kelompok umur sangat ramai, terbukti di dua kali Piala AFF,” tambah Riyadh.

Selain itu juga, Jawa Timur unggul soal suportenya yang militan. Sebab provinsi ini memiliki banyak suporter, sebut saja dari Liga 1 ada Madura United dengan K-Conk Mania, Persebaya dengan Bonek, Arema FC dengan Aremania, Persela denga LA Manianya. “Selain itu juga tak kalah militannya, ada suporter eks utama yang kini klubnya di Liga 3, seperti Persibo Bojonegoro, Persekabpas, Mojokerto Putra dan Deltras Sidoarjo,” ujar Riyadh.

Melihat hal ini Riyadh semakin optimis Indonesia bisa menjadi tuan rumah, terlebih Jatim yang nantinya menjadi pusat tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021. “Aspek ini yang tidak dimiliki daerah lain, sebab seperti Jakarta mereka hanya punya Persija dengan The Jack, Jawa Barat dengan Persib Bandungnya. Tapi kami (Jatim) punya banyak dan semuanya militan,” lanjut dia.

Seperti diketahui, Jawa Timur menyiapkan satu stadion utama yang digunakan untuk gelaran Piala Dunia, yaitu Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Serta bersama lima lapangan pendamping untuk training, seperti Lapangan ITS, Lapangan Jenggolo, Stadion Gelora Delta, Stadion Joko Samudro dan Gelora 10 November.[way/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar