Olahraga

Pra PON Panjat Tebing Zona Jawa, Ajang Cari Bibit Baru

Surabaya (beritajatim.com) – Pra PON Panjat Tebing zona II resmi digelar mulai 27 September hingga 1 Oktober mendatang di Lapangan Koni Surabaya. Dengan pertandingan ini Wakil Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Ferry Ardianto mengaku memasukkan nomor combined dalam Pra PON XX Panjat Tebing.

Diharapkan usai mendapat hasil di Pra PON XX ini, pelatih nasional yang ikut turun bisa menemukan bibit baru untuk persiapan Olimpeade Tokyo 2020 dan Paris 2024. Terutama zona II yang banyak dipenuhi atlet pelatnas.

“Ini jadi talent scouting. Kami akan melihat ada banyak pelatih yang hadir di sini. Pelatih nasional semua akan lihat potensinya juga,” ujar Ferry, Jumat siang (27/9/2019).

Untuk nomor Combined ada tiga jenis yakni climbing, speed, lead, dan boulder. Nomor ini menjadi satu menjadi nomor baru di panjat tebing, bahkan dibeberapa kejuaraan seperti Asian Games 2018 lalu, tim panjat tebing Indonesia belum mampu berbicara banyak untuk nomor combined, hanya sampai babak penyisihan.

“Memang kalau bicara combined, namanya nomor baru semua pelatih di Indonesia maupun dunia juga kebingungan. Karena combined disiplin tiga sport climbing digabungkan jadi satu,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum FPTI Jawa Timur Danu Iswara menargetkan bisa mendapatkan kuota delapan nomor untuk putra, dan tujuh nomor putri di Pra PON XX panjat tebing. “Itu target kuota kami,” kata Danu.

Menurunkan enam atlet putra junior dan tiga atlet putri junior dalam kejuaraan kali ini, namun ia optimis target tersebut bisa tercapai. Setidaknya status sebagai tuan rumah memberikan keuntungan sendiri bagi tim Jawa Timur.

Harapan besar FPTI Jawa Timur untuk ajang Pra PON XX ada di nomor beregu. Jika beregu mendapat medali, untuk putra dan putri sudah bisa meloloskan masing-masing tiga orang.

Namun itu diprediksi tidak akan mudah, mengingat zona II merupakan group neraka. “Semuanya berat karena di Jawa ini bisa ngomong group neraka. Jadi siapa mentalnya bisa itu yang menang,” tandasnya. [way/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar