Olahraga

Porprov Jatim Diawali Pengambilan Api Abadi

Bojonegoro (beritajatim.com) – Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) 2019 akan diawali dengan pengambilan Api Porprov dari wisata Api Abadi Kayangan Api Bojonegoro. Api abadi tersebut kemudian dilakukan kirab ke Kabupaten Tuban, Gresik dan Kabupaten Lamongan.

Pengambilan api abadi dilakukan pada 1 Juli 2019. Dari Kayangan Api, selanjutnya api abadi itu di kirab menuju Pendapa Pemkab Bojonegoro. Kirab akan dilakukan melalui rute menuju Kecamatan Dander, selanjutnya melintasi jalan poros Kecamatan Dader -Temayang.

Kemudian menuju Kecamatan Sugihwaras, Desa Kepohkidul Kecamatan Kedungadem. Selanjutnya, belok kiri menuju Desa Pohwates Kecamatan Kepohbaru, kembali ke Jalan Nasional Babat – Bojonegoro dan akan finish di Pendapa Pemkab Bojonegoro.

“Api Porprov akan di semayamkan di Pendapa Pemkab Bojonegoro,” kata Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bojonegoro, Dandi Suprayitno, Selasa (7/5/2019).

Selanjutnya, pada keesokan harinya, api porprov tersebut dikirab menuju Kabupaten Tuban, kemudian Kabupaten Gresik dan selanjutnya menuju Kabupaten Lamongan. Pembukaan Porprov digelar di Stadion Surajaya Lamongan pada 6 Juli 2019.

“Salah satu kunci keberhasilan Porprov Jatim 2019, akan diawali dari pengambilan Api Porprov di Kayangan Api Bojonegoro,” kata Dandi Suprayitno.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro, Amir Syahid mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung pelaksanaan Pengambilan Api Porprov, yang menurut rencana dilaksanakan pada 1 Juli 2019, dari Objek Wisata Kayangan Api di Kecamatan Ngasem Bojonegoro.

Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) Kabupaten Bojonegoro, terkait kebutuhan hotel atau penginapan bagi para peserta Porprov maupun para pendukung atlet yang akan datang.

“Kami sudah mempersiapkan penyambutan atlet dan untuk pengambilan Api Porprov, dari Kayangan Api, hanya masih butuh koordinasi lebih lanjut,”  tutur Amir Syahid.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bojonegoro, Ali Mahmudi berharap ada sinergitas dari semua pihak yang terlibat dalam gelaran Porprov Jatim di Bojonegoro. Agar dapat berjalan sukses seperti yang diharapkan, yaitu ada tiga sukses yang telah dicanangkan, antara lain Sukses Penyelenggaraan, Sukses Prestasi dan Sukses Administrasi

“Dengan dilaksanakan rapat hari ini, semua pihak yang hadir telah mengetahui apa yang menjadi tugasnya dalam gelaran porprov di Bojonegoro nanti,” tutur Ali Mahmudi. [lus/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar