Iklan Banner Sukun
Olahraga

PON Papua, KONI Optimistis Jatim Juara Umum

Ketua KONI Jatim, Erlangga Satriagung

Papua (beritajatim.com) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur optimistis bisa membawa pulang gelar juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua.

Ketua KONI Jatim, Erlangga Satriagung mengatakan, hingga saat ini ia percaya kondisi Jawa Timur sangat baik karena program Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) sudah berjalan empat tahun lalu.
“Jatim ini kan jiwa corsa (pantang menyerah), jadi tekadnya harus juara umum dan kita sudah menyiapkan diri selama 4 tahun seperti provinsi lain,” ujar Erlangga.

Menurut Erlangga, PON XX Papua ini berbeda dengan sebelumnya. Peta kekuatan provinsi lain tidak bisa diprediksi. Pasalnya, sejak awal persiapan, sudah dihajar pandemi virus corona atau Covid-19. Sudah begitu, even kejuaraan yang bisa diikuti baik tingkat nasional maupun internasional juga minim.

Namun demikian, Jatim tetap mewaspadai dua daerah besar seperti DKI Jakarta dan Jawa Barat. Itu karena dalam PON kali ini jumlah kontingen dua daerah tersebut lebih besar dibandingkan Jatim.

“Kalau bicara sebelum Covid-19 insya Allah Jatim masih leading, namun setelah Covid-19 berbeda karena gak ada yang melakukan Puslatda secara optimal. Kelebihan kita di-backup oleh tim sport science. Jadi semuanya terukur mulai dari fisiknya, psikologinya, gizinya, kesehatannya, sampai biomekanik itu terdata semua. Sehingga, kami masih menganggap kita leading,” imbuhnya.

Secara hitungan, untuk bisa mendapat gelar juara umum, KONI Jatim menargetkan 136 medali emas. Dengan mengandalkan beberapa cabang olahraga seperti panahan, menembak, renang, selam, paralayang, panjat tebing, gulat, serta aeromodelling.

Selain itu juga cabor angkat besi, binaraga, voli indoor putra, voli pantai, wushu, tenis lapangan loncat indah, senam, dan atletik. Erlangga juga meminta doa restu dari masyarakat untuk keselamatan seluruh kontingen Jatim dan doa agar Jatim dapat mewujudkan impian menjadi juara umum. [way/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar