Olahraga

Arema FC Vs Persib

Polres Malang Persilahkan Bobotoh Datang ke Malang

Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar.

Malang(beritajatim.com) – Polres Malang melakukan rapat koordinasi pengamanan laga Arema FC kontra Persib Bandung yang akan digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Selasa, (8/3/2020). Polisi pun siap menjalankan aturan regulasi PT LIB terkait kuota 5 persen untuk suporter tim tamu.

Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar mengatakan bahwa polisi siap memberikan pelayanan dan keamanan bila suporter Persib, Bobotoh datang ke Malang. Bila rencana ini berjalan mulus, Bobotoh akan kembali berkunjung ke Malang setelah sekian tahun Bobotoh dan Aremania tidak bisa mendukung masing-masing tim kebanggaan dalam satu tribun.

“Dari aturan di Liga 1 itu. Setiap pertandingan di manapun pertandingan itu dilaksanakan, tim away itu berhak untuk mengirimkan suporternya,” kata Hendri, Selasa, (3/3/2020).

Aremania dan Bobotoh sebenarnya sempat akur di akhir 1990-an hinhga medio awal 2000-an. Namun, hubungan kedua kelompok suporter ini mulai tidak akur pada pertengahan tahun 2000-an. Meski sebenarnya tidak ada sejarah permusuhan antara kedua suporter dalam sebuah pertandingan.

Kehadiran Bobotoh Persib ke Malang selain menjalankan regulasi 5 persen suporter tim tamu sesuai aturan operator kompetisi. Juga bisa dijadikan ajang silaturahmi antar kedua suporter agar tidak terjebak dengan rivalitas kelewat batas.

“Kuotanya 5 persen jadi kalau misalnya kapasitas stadion 30 ribu ya sekitar 1.500 sampai 2.000 orang diperbolehkan hadir,” ucap Hendri.

Hendri mengungkapkan, bahwa keputusan memperbolehkan Bobotoh datang bukanlah ide dari Polres Malang. Namun, Polres Malang melihat aturan Liga 1. Sejauh ini Polres Malang menyerahkan keputusan itu kepada Bobotoh. Bila Bobotoh hadir, polisi siap memberikan jaminan keamanan.

“Kita bukan buka opsi. Itu aturan Liga 1 seperti itu. Kalau dari pihak Bobotoh mau hadir atau tidak. Itu terserah mereka. Yang jelas, kita sudah mempersiapkan jika ada Bobotoh yang mau datang kita layani dan fasilitasi dengan baik,” tandasnya. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar