Olahraga

Politisi Gerindra Jember: Juara Piala Eropa? Jerman, Dong!

Timnas Jerman di Piala Eropa 2020

Jember (beritajatim.com)– Tak ada keraguan sedikit pun pada diri Ahmad Halim, politisi Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerakan Indonesia Raya yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jember, Jawa Timur, untuk menjagokan Jerman dalam Piala Eropa 2020.

“Jerman sudah berulangkali jadi juara dunia. Mereka juga unik. Tidak terlihat perkembangannya, tapi kekuatan para pemain dan timnya sangat solid,” kata Halim, Minggu (13/6/2021).

Jerman sudah enam kali masuk partai puncak Piala Eropa, terbanyak dibandingkan negara lainnya. Tiga di antaranya berakhir dengan juara, yakni pada 1972, 1980, dan 1996. Pada 1972, Jerman membekuk Uni Soviet 3-0. Tahun 1980, giliran Belgia dihajar 2-1 di partai final. Terakhir pada 1996, mereka mengalahkan Ceko 2-1.

“Saya melihat Jerman sejak runtuhnya Tembok Berlin lebih bahagia karena sepak bola bangsa itu kembali bersatu. Ya samalah seperti Jember, yang juga senang karena kembali bersatunya Yayasan Persid Jember setelah sempat mengalami dualisme bisa jadi momentum kebangkitan sepak bola Jember,” kata Halim.

Halim benar. Sejak runtuhnya Tembok Berlin, Jerman sudah dua kali menjuarai Piala Dunia yakni pada 1990 dan 2014. “Mungkin Persid bisa meniru Jerman. Begitu runtuh Tembok Berlin, Jerman bersatu dan rakyat dipersatukan dengan sepakbola,” kata pria yang juga anggota Dewan Yayasan Persid Jember ini.

Dalam Piala Eropa 2020 ini, Jerman berada di Grup F bersama Prancis, Portugal, dan Hungaria. Joachim Low memiliki tim yang solid dengan kiper Manuel Neuer, bek Mats Hummels dan  Antonio Rüdiger, gelandang Joshua Kimmich, İlkay Gündoğan, dan Toni Kroos, lini depan Kai Havertz, Thomas Müller, dan Timo Werner. [wir/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar