Olahraga

Persipura Kontra Madura United Kembali Gagal Tanding

Pamekasan (beritajatim.com) – Laga tunda antara Persipura Jayapura kontra Madura United FC pada pekan ke-22 BRI Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali, kembali gagal digelar karena ketidakhadiran tim Mutiara Hitam di arena pertandingan, Senin (21/2/2022) malam.

Padahal laga antara Persipura kontra tim berjuluk Laskar Sape Kerrab sudah mendapat rekomendasi dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai regulator kompetisi, agar tetap digelar sesuai jadwal yang sudah ditentukan, yakni pukul 21:30 WITA.

Bahkan Madura United juga sempat melakukan pemanasan menjelang laga, termasuk tim wasit dan panitia pertandingan juga menyatakan kesiapan untuk menggelar laga. Namun tim Persipura justru tidak tampak di arena pertandingan hingga jadwal kick off.

“Terkait status pertandingan yang batal digelar, semua harus dikembalikan pada regulasi yang sudah dibuat,” kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, dikutip dari website resmi Liga 1, Selasa (22/2/2022).

Laga Persipura kontra Madura United seyogyanya digelar pada Selasa (1/2/2022) lalu. Hanya saja batal digelar usai dilakukan emergency meeting yang melibatkan seluruh unsur terkait, hasilnya jumlah pemain yang siap berlaga tidak memenuhi persyaratan sesuai regulasi kompetisi BRI Liga 1.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, sebelumnya Persipura menuliskan surat permohonan pertandingan BRI Liga 1 Persipura vs Madura United yang bernomor 004/Persipura/II/2022. Surat tersebut tertanggal 20 Februari 2022. Dalam surat tersebut mereka menyebut hasil tes PCR menunjukkan 9 (sembilan) personel tim dinyatakan positif, terdiri dari 3 ofisial dan 6 pemain.

Sementara PT LIB dan Satgas Covid-19 Liga 1 juga melakukan tes ulang. Hasilnya, sesuai dengan surat yang dikirimkan LIB dengan nomor 100/LIB-KOM/II/2022 pada 21 Februari 2022 menyebutkan bahwa hasil negatif, yakni 21 pemain dan 7 ofisial. Sedangkan hasil positif menimpa 6 pemain dan 3 ofisial.

Selanjutnya PT LIB meneruskan surat ke manajemen Persipura pada 21 Februari 2022 tersebut dijelaskan bahwa didapati pemain yang negatif berjumlah lebih dari 14 orang sehingga tidak memenuhi unsur Pasal 52 ayat 7 Regulasi BRI Liga 1 – 2021/2022 dan tidak perlu diadakan emergency meeting.

“Tidak ada kejadian luar biasa terkait covid. Ini kasusnya seperti pertandingan Persikabo 1973 versus Bali United, beberapa pekan yang lalu. Pertandingan tetap dilanjutkan. Dari kami pun juga sudah siap semuanya. LOC, wasit, keamanan, sudah berada di stadion. Tim Madura United juga sudah datang di stadion,” pungkasnya. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar