Olahraga

Liga 3 Zona Jatim Grup E

Persid Jember Patahkan Rekor Tak Terkalahkan Persewangi Banyuwangi

Jember (beritajatim.com) – Persid akhirnya gagal lolos ke Babak 16 Besar kompetisi sepak bola Liga 3 Zona Jawa Timur.

Namun tim berjuluk Macan Raung ini berhasil mengalahkan pemuncak klasemen Grup E Persewangi Banyuwangi 3-2 (1-0), dalam pertandingan terakhir di Stadion Jember Sport Garden, Kabupaten Jember, Minggu (27/10/2019).

Tiga gol Persid dicetak Jerry Rivan Perdana pada menit 17, Mohammad Akmal pada menit 52, dan gol bunuh diri pemain Persewangi Feri Irawan pada menit 56.

Dua gol balasan Persewangi dicetak Moh Khoirul Huda melalui titik putih penalti pada menit 66 dan Herwanto pada menit 85.

Dengan kemenangan ini, Persid berhasil meraih dua rekor positif. Pertama, mempertahankan rekor tak terkalahkan di kandang sendiri. Kedua, mematahkan rekor tak terkalahkan Persewangi selama babak penyisihan Grup E.

Namun hasil ini tak mengubah klasemen. Persewangi tetap menjadi juara grup dengan nilai 15. Anak asuh Abdul Karim ini lolos ke babak selanjutnya dengan didampingi PSIL Lumajang yang menempati peringkat kedua grup dengan nilai 14.

Persid sendiri berada di peringkat ketiga dengan nilai 14. “Kami gagal lolos karena kalah head to head. Memang intinya saat pertandingan melawan PSIL di sini. Saya beritahu anak-anak ini pertandingan final. Kalau ingin lanjut, kita harus menang karena di Lumajang kalah 0-1. Tapi nyatanya kami hanya bisa bermain imbang 0-0 saat itu,” kata pelatih Persid Achmad Jainuri.

Selama babak penyisihan Grup E, Persid mengalahkan Persebo Muda 5-1 (kandang) dan 2-1 (tandang), mengalahkan Persipro 1-0 (kandang) dan kalah 0-1 (tandang), mengalahkan Persewangi 3-2 (kandang) dan imbang 1-1 (tandang), dan imbang 0-0 lawan PSIL (kandang) dan kalah 0-1 (tandang).

“Tim ini sebetulnya bagus, (walau) kami diboikot penonton; latihan kami tidak fokus, kami hanya berlatih sore; nutrisi belum bisa mengenakkan pemain. Kemudian faktor finansial,” kata Jainuri. Dalam kondisi tak ideal, Persid hanya terpaut satu angka lebih sedikit di bawah juara grup. (wir/ted)

Susunan klasemen akhir Grup E
(Main, menang, seri, kalah, nilai)

1. Persewangi 8 4 3 1 15
2. PSIL 8 4 2 2 14
3. Persid 8 4 2 2 14
4. Persipro 1952 8 3 3 2 12
5. Persebo Muda 8 0 0 8 -3





Apa Reaksi Anda?

Komentar