Olahraga

Persela Kalahkan PSM 3-1

Lamongan (beritajatim.com) – Tuan rumah Persela Lamongan mengalahkan tamunya PSM Makasar dengan skor telak 3-1, di laga lanjutan kompetisi Liga 1 yang digelar di Stadion Surajaya Lamongan, Sabtu (7/12/2019).

Ketiga gol Persela dicetak oleh Rafael Gomez Oliviera menit 40 melalui titik penalti. Sugeng Effendi menit 77, dan Alex dos Santos menit 90. Gol PSM dicetak oleh Rizky Pellu menit 33.

Kick off dimulai Persela langsung membuka peluang pertamnya melalui pemain Malik Rizaldi saat menerima umpan terobosan Alex dos Santos. Sayang, tendangan masih melenceng tipis di sisi kanan gawang PSM.

Tuan rumah kembali memperoleh peluang melalui Rafael Gomez de Oliviera. Namun, tendangannya masih bisa ditepis kiper PSM yang dikawal Ricky Mokodompit.

Terus ditekan PSM memperoleh peluang pertama melalui Amido Balde. Sayang, sundulan kepala dari umpan crossing masih melenceng di sisi kanan gawang Persela.

Persela yang mengandalkan serangan balik nyaris membobol gawang PSM saat Alex dos Santos lolos dari jebakan offside. Namun, umpan tarik pemain asal Brazil itu masih bisa dihalau oleh pemain belakang PSM.

Gawang Persela akhirnya bobol lewat sontekan gelandang PSM, Rizky Pellu memanfaatkan bola muntah dari tangkapan kiper Persela, Dwi Kuswanto di menit ke 33. Sehingga, kedudukan menjadi 0-1 untuk PSM.

Menit ke 40 Persela memperoleh tendangan pinalti setelah Alex dos Santos dijatuhkan dikotak pinalti oleh pemain belakang PSM. Eksekusi yang dilakukan Rafael Gomez Oliviera mampu mengecoh gawang PSM yang dijaga Ricky Mokodompit. Sehingga, kedudukan menjadi sama kuat 1-1 hingga babak kedua berakhir.

Memasuki babak kedua kesebelasan masih jual beli serangan. Hingga memasuki menit ke 55 PSM masih mendominasi permainan.

Sampai menit ke 68 permainan kedua tim hanya berkutat di lini tengah. Belum ada peluang yang tercipta.

Persela akhirnya menambah gol keduanya melalui Sugeng Effendi di menit ke 77 setelah memanfaatkan bola muntah tangkapan kiper PSM Rivky Mokodompit. Kedudukan berubah lagi menjadi 2-1 untuk Persela.

Menjelang babak kedua akan berakhir pemain Persela Alex dos Santos mampu menambah gol ketiganya melalui sundulan kepala di menit ke 90. Kedudukan berubah lagi menjadi 3-1 buat Persela sampai babak kedua berakhir.

Menanggapi hasil ini pelatih PSM Makasar Darije Kalazic menuturkan, pertandingan ini pengulangan banyak di laga away padahal mengontrol permainan. Tidak ada yang memperkirakan gol kedua Persela dan bisa dilihat banyak pemain kehilangan fokus serta konsentrasi.

“Banyak hal yang memberi dampak permainan PSM. Gol kedua akibat kesalahan penjaga gawang lalu berdampak ke gol ketiga,” ungkapnya.

Sementara itu, pelatih Persela Nil Maizar mengatakan, kemenangan ini patut disyukuri karena pemain bermain sesuai strategi kendati Rafael Gomez de Oliviera dimatikan oleh Aron Evans tapi Alex dos Santos mampu membuka ruang serta mencegak gol.

“Kunci kemenangan ini karena pemain bermain kompak,” tandasnya. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar