Iklan Banner Sukun
Olahraga

Persebaya Masih Jadi Penyumbang Pemain Terbanyak untuk Timnas

Gelandang serang Timnas Indonesia U-19 asal Persebaya Marselino saat menggiring bola. [foto/pssi.org]

Surabaya (beritajatim.com) – Persebaya Surabaya salah satu klub liga 1 yang subur menyumbangkan pemainnya untuk Timnas Indonesia. Hal itu terbukti bagaimana Aji Santoso membuat para pemain yang sebelumnya belum menjadi apa saat ini menjadi siapa.

Tentu usahanya itu membuat para pemainnya untuk menjadi bintang butuh proses yang matang. Bahkan pelatih yang sudah empat musim berlabuh Persebaya ini menceritakan bagaimana ia bisa menyumbangkan lebih dari tiga pemainnya kepada ShinTae Yong, pelatih Timnas Indonesia.

Aji mengatakan, sebelum terpilih menjadi pelatih terbaik, ia telah diberi kabar akan standart penilaian bagaimana menentukan seorang pelatih. Salah satunya seorang pelatih itu memiliki role model.

Bagaimana cara bermain tim besutannya, itulah yang menjadi salah satu pemilihan Persebaya sebagai lumbung emas pemain muda masuk ke Timnas. Meski tidak juara, terbukti Persebaya memiliki pemain berkualitas dan bisa berkembang. Aji melihat para pemain mudanya selalu disiplin, kerja keras.

“Meski tidak juara, Persebaya terbukti menjadi salah satu tim yang menyumbang pemain paling banyak bergabung ke Timnas Indonesia. Saat ini ada lima. Bisa saja nanti ada pemain muda yang berkulitas bersama saya, lalu berkembang jadi pemain timnas lagi. Sudah terbukti yang pertama contohnya sudah banyak Marselino, Arif Satria,” ungkap Aji.

Aji memang salah satu pelatih yang suka ngemong pemain muda untuk menciptakan karir. Ia akan membantu mereka untuk bisa sukses asalkan para pemain disiplim dan bekerja keras. Pria kelahiran Malang ini teringat saat Marcelino Ferdinan belum memiliki kesempatan bermain di liga 1.

Aji mencoba merangkulnya, memberikan rasa percaya diri dan menambah jam terbang. Upaya itu terbukti, Marselino menjadi bintang. Sama halnya dengan Reva Adi dan Arif Satria yang kini diburu banyak klub lain.

“Artinya apa? Kita mengontrak pemain itu jangan lihat dari kasta mana. Tapi yang terpenting kualitas seperti apa yang dimiliki. Sudah terbukti Ricky Kambuaya, Arif Satria, Reva Adi mereka kini menjadi pemain hebat di Timnas Indonesia. Kalau mau berusaha saya akan bantu mereka sukses,” tutupnya. [way/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar