Olahraga

Persebaya Datangkan Eks Persipura Jayapura

Egwuatu Godstime Oueseloka, mantan pemain Persipura Jayapura seleksi ke tim Bajol Ijo, Senin (9/9/2019)

Surabaya (beritajatim.com) – Persebaya Surabaya rupanya berniat serius mencari pemain lokal untuk menambah slot pemain jelang putaran kedua Liga 1 2019, pertengahan September mendatang.

Dua pemain didatangkan untuk melakukan seleksi bersama di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Senin (9/9/2019). Pemain naturalisasi dan Ferry Karet pemain asal Papua ini mulai terlihat berlatih.

Asisten pelatih Persebaya, Wolfgang Pikal mengatakan Olisa masih menjalani seleksi. Ia juga mengatakan pemain yang sudaj naturalisasi tersebut belum tentu akan direkrut oleh tim Bajul Ijo.

“Kita kedatangan pemain baru, ada Olisa dia sudah naturalisasi, mantan pemain Persipura. Tapi dia masih ikuti seleksi saja,” kata Pikal usai latihan.

Menurit Pikal, Persebaya punya standarisasi pemain tinggi. Jadi mereka begitu selektif dalam merekrut pemain anyar. Meskipun si pemain pernah bergabung dengan tim besar.

“Kalau kualitasnya sama kayak pemain kita, ngapain rekrut pemain baru. Jadi harus kualitasnya diatas pemain kita,” tambah Pikal.

Di sisi lain, Pikal juga menambahkan, manajemen Persebaya tengah berusaha mencari pemain sesuai dengan permintaan pelatih. Yaitu di atas kualitas pemain Bajul Ijo saat ini.

Namun hingga detik ini manajemen Persebaya belum kunjung menemukan nama yang tepat, seperti yang diinginkan oleh Pikal dan Alfred Riedl. Karena memang pemain lokal bagus sudah memiliki tim masing-masing.

Selain itu juga, Pikal berencana akan mencoret satu nama pemain asingnya. Sebab ia ingin Persebaya tambah satu lagi pemain asing. Itu bisa saja terjadi kalau Otavio Dutra benar sudah menjadi WNI.

Sementara Persebaya memiliki lima pemain asing yakni David da Silva (Brazil), Aryn Williams (Australia), Otavio Dutra (Brazil), Damian Lizio (Bolivia) dan Jalilov (Tajikistan).

Namun untuk David da Silva dan Aryn Willims kemungkinan aman dari wacana pencoretan karena merupakan pemain rekrutan baru Persebaya.

Sedangkan berdasarkan regulasi kompetiisi Liga 1, setiap tim memiliki tiga pemain asing dan satu pemain asing asia. Sehingga kalau Dutra WNI, otomatis kalau ingin menambah pemain lagi, Persebaya harus rela mencoret antara dua nama Manu Dzhalilov ataukah Damian Lizio.

“Mau tidak mau harus coret satu pemain karena tidak bisa daftar lebih,” ujar mantan asisten pelatih timnas Indonesia tahun 2016 tersebut. [way/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar