Iklan Banner Sukun
Olahraga

Perbasi Jatim Rencanakan Pra Porprov Cabor Basket di Surabaya

Ketua Perbasi Jawa Timur, Grace Evi Ekawati

Surabaya (beritajatim.com) – Pengurus Provinsi (Pengrov) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Jawa Timur memastikan pelaksanaan Pra Porprov akan dimainkan di tempat terpusat. Kota Surabaya dipilih sebagai tempat pelaksanaan Pra Porprov yang direncanakan bergulir pada 19-30 Maret 2022 mendatang.

Cabang olahraga (cabor) bola basket Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII/2022 akan diikuti 16 daerah. Dengan rincian empat tuan rumah yaitu Jember, Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo ditambah juara bertahan Surabaya lolos langsung. Artinya, 11 slot tersisa akan diperebutkan 33 kota/kabupaten.

Nantinya, Pra Porprov basket akan menggunakan format yang berbeda ketimbang sebelumnya. Perbasi Jatim akan membagi peserta menjadi empat wilayah sesuai letak geografis setiap kota/kabupaten.

“Dalam rapat kerja daerah (rakerda) beberapa waktu lalu bersama dengan 38 Pengkot/Pengcab, kami rencanakan digelar per wilayah. Karena kalau dibuat kompetisi penuh, akan memakan waktu yang lama. Apalagi masih pandemi COVID-19. Makanya Pra Porprov nanti, kita pakai per wilayah. Cuma (digelarnya) di Surabaya,” ujar Ketua Umum Perbasi Jatim Grace Evi Ekawati saat ditemui di ruang kerjanya.

Perbasi Jatim membagi empat wilayah sesuai letak geografis. Dimana wilayah barat ada 11 daerah, timur (empat slot sudah digunakan tuan rumah) sisa lima daerah, utara ada delapan daerah karena Surabaya juara bertahan, untuk wilayah tengah akan diikuti sembilan daerah.

“Untuk wilayah barat, utara dan tengah yang lolos tiga daerah. Sedangkan wilayah timur akan meloloskan dua daerah. Jadi total peserta Porprov dengan empat tuan rumah dan juara bertahan ada 16 tim,” beber Evi.

Lebih lanjut sosok yang juga Dewan Penasehat Timnas Indonesia Patriots itu menyatakan dengan penggunaan venue terpusat akan memberikan keuntungan bagi daerah-daerah peserta. Keputusan ini sendiri telah melewati berbagai pertimbangan matang. Salah satunya adalah grafik persebaran kasus positif Covid-19 di Jatim.

“Selain itu, daerah-daerah tidak akan terkendala akomodasi. Harapan saya, ke-33 kota/kabupaten ikut serta. Nanti, kami akan membantu akomodasi meski a la kadarnya di rumah basket Jatim yang memang kami siapkan untuk pengkab/pengkot Perbasi se-Jatim,” ungkap Evi.

Mama segala bangsa, julukan yang disematkan insan basket kepada Evi, menambahkan jika GOR Basket Kertajaya tidak dapat digunakan untuk ajang Pra Porprov. Pasalnya, ada rencana penempatan latihan timnas basket Indonesia untuk SEA Games XXXI/2022 Vietnam.

“Makanya sekarang ini kami tengah menginventarisir lapangan mana saja yang bisa support ajang Pra Porprov. Tapi kalau sistem kompetisi Pra Porprov seperti apa sudah kami siapkan, panitia sudah terbentuk. Harapan kami Pra Porprov basket dapat digelar 19-30 Maret mendatang. Sebelum masuk ramadhan sudah harus selesai,” tandas Evi.

Pra Porprov basket hanya akan memainkan 5×5 putra dan putri di Surabaya. Sementara pada Porprov nanti, rencananya juga akan mempertandingkan 3×3 putra dan putri. [way/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar