Olahraga

Perbaikan Gelora Madura Dianggarkan Rp 9 Miliar

Pamekasan (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 9 miliar lebih, untuk melengkapi sejumlah fasilitas tambahan di kompleks Stadion Gelora Madura Rato Pamelingan Pamekasan.

Nominal tersebut digunakan untuk melengkapi sejumlah fasilitas tambahan yang gagal direalisasikan ketika stadion diresmikan, beberapa tahun lalu. Sehingga baru bisa kembali dilaksanakan pada tahun ini, dimana proses pengerjaannya ditargetkan tuntas sebelum masuk 2020 mendatang.

“Alokasi anggaran ini untuk pembangunan di berbagai titik, seperti lintasan atletik, pembangunan kios dan mushalla, serta jalan lingkar di samping stadion,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pamekasan, Mohammad, Rabu (4/9/2019).

Dari total angka tersebut, alokasi yang dianggarkan variatif dan tergantung kebutuhan dari rencana anggaran. “Dari dana sebesar Rp 9 miliar itu, terbanyak untuk lintasan atletik yang mencapai Rp 6 miliar. Sementara Rp 3 miliar sisanya untuk pembangunan kios, saluran air dan mushalla,” ungkapnya.

“Target kami akhir tahun ini semuanya (pembangunan lintasan atletik dan lainnya) selesai, sehingga pada 2020 mendatang tinggal melanjutkan pembangunan lain yang belum selesai. Salah satunya mengubah tribun VIP ke sisi barat stadion,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyampaikan jika saat ini manajemen Madura United FC (PT Polana Bola Madura Bersatu) sebagai pengelola Stadion. “Namun yang pasti, dalam klausul kontrak dijabarkan jika perbaikan lintasan atletik merupakan kewajiban Pemkab Pamekasan, termasuk pembangunan kios di sekitar stadion,” pungkasnya.

Seperti diketahui, selama ini keberadaan stadion yang terletak di Desa Ceguk, Kecamatan Tlanakan. Dijadikan sebagai kandang dari sejumlah tim yang bermarkas di Bumi Gerbang Salam, mulai dari tim yang berkompetisi di liga profesional hingga amatir.

Semisal Madura United FC yang tengah berkompetisi di kasta tertinggi sepakboka tanah air, Liga 1. Termasuk juga tim katagori kelompok umur dalam skuad berjuluk Laskar Sape Kerrab yang berkompetisi di Liga Elite Pro Academy.

Termasuk juga tim kebanggaan masyarakat Pamekasan, yakni Persepam di Liga 2 musim lalu hingga Pamekasan FC yang saat ini tengah berkompetisi di Liga 3 Regional Jawa Timur 2019.

Hanya saja untuk saat ini, Gelora Madura Rato Pamelingan tengah dalam perbaikan, sehingga sejumlah tim harus pindah kandang hingga proses perbaikan tuntas.

Termasuk Madura United FC yang dipastikan pindah kandang ke Stadion Gelora Bangkalan (SGB) dan Stadion Gelora Delta Sidoarjo, pada putaran kedua Liga 1 2019. [pin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar