Olahraga

Pendakian Gunung Prau Sudah Dibuka, Cek Ketentuannya!

(Foto: aliffian arief, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Sejak film 5 cm tayang di bioskop, mendaki gunung menjadi salah satu wisata yang digemari. Peminatnya pun terus meningkat dari tahun ke tahun. Kabar baik pun datang untuk para pendaki.

Gunung Prau, salah satu gunung yang sering dikunjungi sudah membuka wisata untuk para pendaki. Gunung yang berada di Jawa Tengah ini resmi dibuka mulai dari Sabtu, 4 September 2021.

Gunung Prau sering dijadikan pendakian yang cocok untuk pemula karena memiliki tinggi 2.565 mdpl dan berada di dataran tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo, Jawa tengah. Secara tepat, gunung ini berada pada perbatasan Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo.

Meskipun bukan gunung yang terlalu tinggi, tapi puncak tertinggi dataran Dieng ternyata dapat memberi pemandangan yang indah, khususnya di kalangan pendaki. Gunung Prau bukan berapi, maka dari itu, ada banyak pendaki yang berdatangan. Sedangkan, kita hanya membutuhkan waktu 2 – 3 jam untuk bisa sampai ke puncak Prau, maka cocok untuk pendaki pemula. Di gunung Prau memiliki tiga jalur, yaitu jalur Kenjuran di Kendal, jalur Pranten di Batang, dan jalur Patak Banteng di Wonosobo.

Beberapa akun media sosial mengenai pendakian sudah mulai menyampaikan informasi ini sehingga disambut secara antusias untuk para pendaki. Setelah beberapa waktu menanti, akhirnya bisa kembali menikmati alam dengan pendakian. Dalam surat yang ditandatangani Ketua Umum Forum Koordinasi Gunung Prau Indonesia (FKPI) meresmikan dengan pendakian melalui surat yang sudah ditandatangani.

Maka dari itu, ada beberapa persyaratan yang harus dilaksanakan oleh pendaki.

  • Menunjukan surat vaksin.
  • Membawa surat keterangan sehat.
  • Menyertakan fotocopy identitas.
  • Mematuhi protokol kesehatan dan peraturan yang berlaku.
  • Memperhatikan kuota pendakian hanya 25 persen.

Pandemi memang membuat kita lebih banyak di rumah. Hal ini dikarenakan beberapa tempat wisata mengalami penutupan serta pembatasan aktivitas. Namun, di tanggal 27 Juli 2020 Gunung Prau sempat dinyatakan dibuka kemudian tutup kembali dan secara resmi, pendakian Gunung Prau sudah resmi dapat dijadikan tempat pendakian.

Kabar ini tentu menggembirakan bagi para pendaki yang sempat menunda pendakian karena harus mengikuti masa PPKM diperpanjang dan sekarang sudah mulai dibuka kembali. Walaupun awalnya pernah merasa kecewa, tapi penantian mereka akhirnya terjawab. Penutupan yang dilakukan pada gunung Prau waktu itu adalah pada 05-20 juli 2021. (prd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar