Olahraga

Pemain Kelas Dunia yang Pernah Membela Klub Indonesia

Twitter @persib

Surabaya (beritajatim.com) – Pemain bintang dunia yang pernah berjaya pada masanya kemudian alami penurunan penampilan kadang menepi ke beberapa Liga yang masih membutuhkan jasanya. Liga Indonesia pun pernah ramai-ramai mendatangkan pemain bintang kelas Internasional, yang mulai memasuki usia senja. Marquee Player sempat melanda Liga Indonesia.

Marquee Player merupakan pemain yang pada masa jayanya berlabel bintang Dunia dan bermain di beberapa Liga Eropa, namun telah masuk pada masa uzur. Sebelum liga Indonesia ramai mendatangkan marquee player, ada beberapa liga negara tetangga seperti India dan Australia yang kerap mendatangkan pemain berlabel bintang kelas Dunia. Contohnya, ketika Roberto Carlos merumput di Delhi Dynamos.

Liga India dan Australia melakukan hal tersebut karena bukan tanpa alasan. Mereka melakukan itu guna menaikkan jumlah penonton dari sepakbola mereka, selain itu mereka juga ingin menaikkan kualitas liga. Sedangkan di Liga Indonesia, yang terkenal dengan animo besar dari penonton baik di dalam stadion maupun siaran langsung televisi tidak mau ketinggalan. Demi membangun citra Liga Indonesia, pemain kelas dunia pun didatangkan. Berikut nama-nama marquee player yang pernah merasakan udara Indonesia.

Michael Essien, Persib Bandung

Michael Essien adalah eks pemain yang pernah bersinar saat membela Chelsea dan berseragam Real Madrid. Pada masa senja karir sepak bolanya, ia sempat mengejutkan Liga 1 saat musim tahun 2016/17 dengan memutuskan untuk bergabung ke tim berjuluk Maung Bandung. Bersama Persib, Essien berhasil mengemas 5 gol dan 1 assist dari 29 penampilan yang dijalani.

Peter Odemwingie, Madura United

Selanjutnya ada Madura United, pada musim yang sama yaitu 2016/17 turut mengejutkan penggemar bola Indonesia. Sama seperti Persib Bandung, tim berjuluk Laskar Sape Kerrap itu merekrut striker yang pernah cukup bersinar di English Premier League kala berseragam West Bromwich Albion. Bersama Madura United, ia berhasil mencatatkan 15 gol dan 8 assist dari 23 penampilan.

Mohamed Sissoko, Mitra Kukar Kartanegara

Sebagai salah satu tim raksasa dari Kartanegara, Mitra Kukar tidak ingin ketinggalan dengan animo marquee player. Mantan pemain Liverpool, Juventus dan PSG tersebut didatangkan pada musim yang sama 2016/17. Bersama Essien dan

Odemwingie, ia merasakan udara segar Indonesia. Sissoko sendiri, berhasil mencetak 3 assist dan 5 gol dari total 26 penampilan bersama tim berjuluk Naga Mekes.

Itulah beberapa pemain berjaya pada masanya yang sempat merasakan udara Indonesia di akhir karir. Namun sayang, ketiga marquee player liga Indo tersebut hanya bertahan selama satu musim saja. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar