Iklan Banner Sukun
Olahraga

Pemain Asal Asia yang Pernah Didatangkan Oleh Arsenal

(Foto: Instagram, @tomiyasu.t)

Surabaya (beritajatim.com) – Sejak didatangkan di akhir bursa transfer musim panas, Takehiro Tomiyasu bermain dengan cukup baik untuk Arsenal. Berposisi sebagai full back kanan, Tomiyasu memiliki kemampuan yang baik bukan hanya dalam bertahan, tetapi juga ketika membantu serangan.

Posturnya yang tinggi, membantunya dalam duel-duel bola atas. Ia pun punya kecepatan yang baik untuk track back ketika menerima serangan balik. Uniknya, Tomiyasu bukanlah pemain asal asia pertama yang pernah bermain untuk Arsenal. Bahkan bisa dibilang, Arsenal adalah salah satu tim yang paling banyak menggunakan jasa pemain dari Asia. Berikut ini daftar namanya.

Junichi Inamoto

Pemain dari benua Asia pertama yang pernah bermain di Premier League khususnya di Arsenal bernama Junichi Inamoto. Arsenal meminjamnya untuk musim 2001-2002 dari Gamba Osaka. Sebagai pemain muda yang bertalenta dari Jepang, Inamoto berhasil menarik perhatian dari Wenger untuk membawanya ke Arsenal.

Meski Inamoto tak pernah sekalipun bermain di kompetisi Liga Inggris dirinya berkesempatan untuk merasakan Gelar Premier League juga FA Cup. Hal itu didapatkan Inamoto bersama Arsenal pada musim 2003-2004.

Park Chu Young

Arsenal kembali mendatangkan pemain dari Asia saat memboyong salah satu bintang pesepak bola asal Korea Selatan bernama Park Chu-Young. Tercatat dari 2011-2014 dirinya hanya melakoni 7 pertandingan untuk Arsenal dan pernah sekali bermain di Liga Inggris menghadapi Manchester United. Chu Young menyumbang 1 gol di ajang EFL Cup melawan Bolton. Sulitnya persaingan di posisi striker Arsenal membuatnya jarang mendapat menit bermain.

Ryo Miyaichi

Pada tahun 2010 Arsenal terkesima dengan seorang bintang muda dari Jepang ketika melakukan melakukan uji coba di sana. Ryo Miyaichi mulai tanda tangan kontrak profesional pada Januari 2011. Namun, Miyaichi hanya melakoni 7 pertandingan saja untuk Arsenal tanpa mencetak 1 gol pun.

Miyaichi lebih banyak dipinjamkan ke Feyenoord, Bolton Wanderers, Wigan Athletic, Twente, hingga akhirnya dilepas permanen pada 2015 ke FC St. Pauli. Saat ini kembali bermain di Jepang bersama Yokohama F.Marinos.

Takuma Asano

Arsenal merekrut Takuma Asano dari Sanfrecce Hiroshima pada 2016. Asano mendapat perhatian Wenger sebagai penyerang muda yang sangat berbakat dan punya prospek masa depan cerah. Sayang, nasibnya sama seperti Inamoto dan Miyaichi.

Tiga tahun dihabiskannya sebagai pemain pinjaman di Stuttgart dan Hannover sebelum dilepas permanen ke Partizan Belgrade pada 2019. Saat ini Asano telah membela klub asal Jerman, VFL Bochum.

Lalu pada musim 2021/22, Arsenal dibawah Mikel Arteta kembali mendatangkan pemain asal Asia lain. Nama Takehiro Tomiyasu kini pun melambung, lantaran performa apiknya yang berhasil mengangkat Arsenal dari zona degradasi EPL. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar