Iklan Banner Sukun
Olahraga

Pecahkan Rekor MURI, Ratusan ‘Banteng’ Magetan Senam Sicita

Ratusan Kader PDIP Perjuangan di Magetan saat mengikuti senam Sicita.

Magetan (beritajatim.com) – Sebanyak 200 lebih kader PDI Perjuangan di Magetan mengikuti gelaran Senam Sicita di pelataran kantor DPC PDI Perjuangan Magetan Jumat (20/5/2022). Massa yang didominasi ibu-ibu itu antusias dan kompak bergerak diiringi alunan musik senam yang terdiri atas lagu-lagu daerah itu. Tak hanya kader, simpatisan juga turut memeriahkan senam bersama dan meneriakkan yel-yel penuh semangat di beberapa gerakan senam.

Ketua DPC PDI Perjuangan Magetan, Sujatno mengatakan, gelar senam serentak ini untuk mendukung upaya DPP PDI Perjuangan membangkitkan semangat hidup sehat masyarakat Indonesia. Dia juga turun langsung untuk mengikuti Senam Sicita

“Kami butuh fisik yang sehat agar menjadi bangsa yang tangguh. Dengan badan yang sehat, jiwa kita akan kuat. Sicita merupakan senam kebugaran yang sekaligus membangun nation and character building,” ujar Sujatno.

Dalam momen kebangkitan nasional ini dia menegaskan membawa kembali semangat gotong royong menghadapi tantangan persoalan kebangsaan. Sicita yang digelar hari ini menjadi penanda bahwa sudah siap untuk bangkit dari pandemi Covid-19.

“Kami ajak masyarakat untuk kembali bersemangat bangkit dari keterpurukan yang melanda bangsa kita. Dari berbagai bencana alam, pandemi covid, inflasi moneter, dan munculnya penyakit berbahaya akhir-akhir ini. Kita harus yakin bahwa dengan gotong royong semua pihak bisa melalui cobaan ini. Bersama sama kita lepas dari pandemi, mulai hari ini kita sambut masa depan Indonesia yang semakin cerah,” tambahnya.

Usai melaksanakan senam, para peserta dihibur dengan musik dan pembagian doorprize. Tak hanya di Magetan, kader-kader PDI Perjuangan bersama masyarakat di berbagai kota di Indonesia, secara serentak menggelar Senam Cinta Tanah Air (Sicita) tepat pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Jumat (20/5/2022) pagi. Dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring), PDI perjuangan menargetkan jumlah peserta dapat memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia).

Tentang Senam Sicita
Senam Sicita digagas Ketua Umum PDI dan sudah diperkenalkan secara resmi pada HUT PDI Perjuangan ke-49 (10/1/2022) ini sudah memegang hak kekayaan intelektual (HAKI). Senam tersebut, secara khusus menggambarkan nilai-nilai Pancasila dalam gerakan-gerakannya, seperti membuka lima jari tangan.

Dalam seluruh gerakannya, Sicita memiliki 4 rangkaian. Yakni teknik pernafasan dan memberi semangat, pemanasan dengan 3 gerakan, 5 gerakan inti, dan penutup. Dari seluruh tahapan tersebut, setiap gerakannya memiliki nilai filosofis tersendiri.

Seperti pada 4 gerakan wajib yang dihadirkan. Pertama, gerakan tangan kanan di bahu kanan dan tangan kiri di pinggang yang menyimbolkan gotong royong atau bahu membahu. Kedua, gerakan hormat dengan posisi tangan kanan di pinggang sebagai penghormatan dari jiwa kita ke orang lain.

Dilanjutkan gerakan tangan kanan dilipat diatas tangan kiri dan salam yang bermakna persatuan serta rasa syukur. Lalu diakhiri tepuk tangan dan bersorak sebagai lambang semangat. Tak berhenti disitu, nilai-nilai budaya juga akan kental terasa saat melakukan senam. Lantunan musik-musik daerah dan nasional diaransemen secara apik sehingga menambahkan semangat.

Terhitung ada 9 lagu yang digabungkan. Diantaranya, Bagimu negeri, Garuda Pancasila, Manuk Dadali, Kampuang Nan Jauh di Mato, Ampar-Ampar Pisang, Ondel-Ondel, Yamko Rambe Yamko, Sipatokaan, Kebyar-Kebyar.

Tidak hanya menguatkan rasa nasionalisme, rangkaian senam berdurasi 8 menit ini juga memberikan manfaat kesehatan. Panitia senam Sicita DPP PDI Perjuangan, Putra Nababan mengatakan, senam tersebut efektif mampu membakar lemak dan kalori tubuh. Bisa dilakukan beberapa sesi tergantung kondisi tubuh atau usia pesenam. “Untuk senam Sicita secara massal (Jumat 20/5/2022) se-Indonesia, kami ambil nilai tengah, yakni dua sesi atau setara 16 menit,” katanya.

Sebelumnya, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, menyebut Sicita merupakan ungkapan rasa cinta sekaligus persembaha n untuk bumi pertiwi. “Atas arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Partai mendorong suatu senam sehat sekaligus mengungkapkan suatu rasa cinta tanah air. Dengan senam, kita memiliki spirit bagaikan api yang tak kunjung padam,” ucap Hasto. [kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar