Iklan Banner Sukun
Olahraga

Olahraga Pagi dan Sore Hari, Mana yang Paling Tepat?

Mikhail Nilov/pexels.com

Surabaya (beritajatim.com) – Olahraga menjadi hal yang harus dilakukan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Tak hanya kesehatan fisik, namun olahraga juga diperlukan untuk kesehatan mental. Olahraga ada banyak sekali macamnya, dan setiap orang bisa memilih ingin melakukan olahraga jenis apa disesuaikan dengan selera.

Namun, meski penting, ternyata banyak sekali orang yang melewatkan jam olahraga. Ada yang beryakinan bahwa olahraga pagi lebih menyehatkan, namun ada juga yang tak sempat olahraga di pagi hari akhirnya memilih melakukannya di sore hari. Banyak perdebatan mengenai waktu olahraga yang tepat ini.

Pada dasarnya, baik olahraga pagi atau sore hari sama saja. Tetapi sebuah penelitian yang dilakukan di University of Copenhagen The Faculty of Health and Medical Sciences mengatakan bahwa olahraga pagi dan sore hari memiliki efek kesehatan yang berbeda.

Olahraga Pagi

Umumnya, orang-orang yang memilih untuk melakukan olahraga di pagi hari lantaran suasana yang tenang. Udara pun masih segar, sehingga pikiran akan lebih fresh dan siap untuk memulai kegiatan di hari tersebut. Selain itu, olahraga pagi juga bisa membantu untuk memperbaiki pola makan kalian. Ternyata, tak berhenti sampai disitu, olahraga pagi juga memiliki dampak yang lain.

1. Menyeimbangkan hormon kortisol

Sebagai informasi, kortisol adalah hormon yang membuat seseorang lebih terjaga dan waspada, selain itu juga dianggap sebagai hormone stress yang bisa memicu masalah. Pada kondisi normal, kadar kortisol meningkat di pagi hari dan turun di malam hari. Sehingga, untuk memanfaat kadar kortisol yang sedang naik, tubuh memerlukan olahraga pagi. Olahraga pagi membuat tubuh memanfaatkan kadar kortisol yang sedang naik.

2. Menambah energi dan meningkatkan fokus

Oksigen dan nutrisi akan mengalir dengan lancar ke jantung dan paru-paru saat kalian berolahraga. Dimana hal ini bisa menyehatkan sistem kardiovaskular, meningkatkan sistem imun, dan menjaga stamina agar kalian lebih berenergi sepanjang hari. Aktivitas pun akan lebih optimal.

Selain itu, olahraga di pagi hari juga bisa membantu untuk meningkatkan fokus saat bekerja di siang hari. Dengan kata lain, olahraga pagi dapat meningkatkan kemampuan kognitif sepanjang hari.

3. Mengontrol nafsu makan dan mempercepat penurunan berat badan

Bagi kalian yang sedang diet atau mengatur pola makan, olahraga pagi bisa menjadi salah satu cara yang perlu dilakukan. Dengan berolahraga, hormon ghrelin atau hormon lapar akan berkurang, sehingga hormon kenyang seperti peptida YY dan glukagon. Saat berolahraga pagi, respon otak akan lebih terpengaruh sehingga lebih ampuh dalam mengontrol nafsu makan.

Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa pembakaran lemak paling tinggi terjadi saat seseorang berolahraga pagi sebelum sarapan, sehingga aktivitas fisik ini akan lebih efektif bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan.

4. Menurunkan glukosa dan tekanan darah

Studi mengatakan bahwa meningkatnya hormone kortisol saat olahraga pagi dapat membantu mengontrol gula darah. Selain itu, respon metabolism tubuh terhadap otot rangka juga bertambah.

Olahraga sore

Kalian tidak terbiasa bangun pagi? Atau tidak memiliki waktu karena harus segera beraktivitas di pagi hari? Jangan khawatir karena olahraga sore pun tidak ada salahnya. Manfaat yang bisa kalian dapatkan antara lain.

1. Meningkatkan kekuatan otot

Olahraga di sore hari sangat cocok bagi kalian yang ingin membentuk otot. Kalian bisa melakukan angkat beban di sore hari agar massa otot lebih maksimal. Puncak kinerja otot memang terjadi pada sore dan malam hari lantaran adanya fluktuasi kadar hormone dan suhu inti tubuh.

2. Lebih berenergi

Jika kalian sadari, olahraga sore mungkin membuat kalian lebih bersemangat dan berenergi. Ini karena olahra di sore hari bisa meningkatkan kemampuan dan kekuatan fisik 20 persen lebih banyak daripada di pagi hari.

3. Mencegah stress

Setelah berkutat dengan kegiatan sehari-hari yang membuat penat, lakukan olahraga di sore atau malam hari untuk memicu pelepasan hormone endorfin atau hormone senang. Hari kalian pun bisa diakhiri dengan rasa nyaman, suasana hati membaik, serta mengurangi stress yang datang.

4. Memperbaiki kualitas tidur

Setelah melakukan olahraga di sore atau malam hari, bisa dipastikan bahwa kalian akan tidur dengan lebih nyenyak dan di waktu yang pas. Kualitas tidur yang baik bisa membuat bangun tidur akan menjadi lebih segar.

Perbedaan waktu pada olahraga ini ternyata disebabkan oleh jam ritme sirkardian tubuh. Dimana ada proses alami pada tubuh yang mengatur jam-jam biologis tubuh. Tetapi, perlu diingat bahwa olahraga tidak akan cukup jika tidak dibarengi dengan asupan yang bergizi. [mnd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar