Iklan Banner Sukun
Olahraga

Neil Etheridge, Pemain Kebangsaan Filipina yang Malang Melintang di Eropa

Twitter @Neil38Etheridge

Surabaya (beritajatim.com) – Tidak banyak yang tahu sosok Neil Etheridge, ia pemain yang berasal dari Asia Tenggara dan namanya cukup tenar karena membela klub Premier League. Neil Etheridge adalah Kiper Timnas Filipina yang dulu pernah bermain di Piala AFF 2010 menjaga mistar gawang. Ketika itu, Etheridge masih berusia 20 tahun, ia tercatat sebagai pemain Fulham. Etheridge jadi pemain Asia Tenggara pertama yang bisa bermain di Premier League sebagai pemain utama bersama Cardiff City.

Etheridge, pun jadi sorotan pecinta sepakbola dari Asia Tenggara, sebab pada musim 2018/2019, Kiper asal Filipina itu mencatat sejarah sebagai pemain Asia Tenggara pertama yang tampil reguler pada ajang Premier League. Usai membela Cardiff City, Neil selalu menjadi starter pada 38 pertandingan Premier League

Namun sayang, Neil Etheridge gagal membantu Cardiff bertahan usai terdegradasi di musim berikutnya. Lahir di London dari ayah berkebangsaan Inggris, Martin Etheridge dan sang ibu, Merlinda Dula berasal dari Filipina. Hal ini menjadikan Neil punya kewarganegaraan sekaligus, yakni sebagai warga negara Inggris dan Filipina. Bukan hanya sempat menimba ilmu di akademi Chelsea dan Fulham, Neil juga pernah dipanggil untuk membela Timnas Inggris U-16 meski dalam 1 pertandingan saja.

Meski berasal dari jebolan akademi Chelsea nyatanya tak langsung memuluskan karir Neil untuk bermain di Premier League. Saat berstatus sebagai pemain Fulham, Neil berkali kali dipinjamkan hingga ke 4 klub divisi bawah dalam jangka 5 tahun.

Usai Neil diputus Fulham, ia bergabung Oldham Athletic. Namun Neil harus dipinjamkan, kali ini ia melawat ke Charlton Athletic. Karirnya mulai beranjak kala membela Walsall FC hingga membuat dirinya direkrut oleh Cardiff City. Sukses berada divisi 2 liga inggris bersama Cardiff, Neil berhasil mewujudkan mimpinya berkarir di EPL pada selanjutnya.

Berpengalaman di luar negeri dengan jam terbang yang cukup tinggi tak bisa memastikan kehadiran Neil dalam skuad Timnas Filipina. Neil Etheridge menjelaskan jika halangan besar baginya untuk membela Timnas Filipina ialah jadwal kompetisi yang berbenturan.

“Sayangnya Piala Asia berlangsung pada Januari yang tidak sesuai dengan para pemain seperti saya. Sebab, musim di Inggris masih berjalan,” terang Neil dilansir dari Inquirer. Kini, nasib Neil Etheridge masih bermain di Inggris pada klub Birmingham City yang bermain di divisi kedua liga Inggris. Ia telah menjalankan 43 laga bersama Birmingham. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar