Olahraga

MotoGP Eropa 2020: Alex Rins Dituding Beri Jalan ke Joan Mir

Surabaya (beritajatim.com) – Joan Mir akhirnya mendapat podium teratas pertama di MotoGP. Tapi, kemenangan Mir tak lepas dari aksi mengasapi rekan setimnya, Alex Rins, di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (8/11) malam. Di akhir balapan, Mir berhasil menjadi pebalap yang paling pertama melintasi garis finis. Ia unggul sekitar 0,6 detik dari Rins yang finis kedua.

Joan Mir telaten terus membayangi dan menekan Alex Rins. Sampai akhirnya ketika balapan menyisakan 11 putaran lagi Mir melakukan manuvernya.

Dalam momen itu, Alex Rins sedikit melebar saat hendak memasuki tikungan ke-11. Mir pun mengasapi Rins dengan mulusnya. Apakah hal ini sebuah team order atau kesengajaan dari sesama rider Suzuki Ecstar? Mengingat Joan Mir belum pernah sekalipun naik di podium teratas.

Alex Rins membantah anggapan tersebut, ia berujar kalau peristiwa itu murni kesalahannya. “Sebenarnya saya salah saat memindahkan gigi. Kirain (sudah) menggeser dua gigi, tapi hanya naik satu,” kata Alex Rins dicuplik dari GPone, Senin (9/11/2020).

Kesalahan itu membuat Alex Rins gagal memanfaatkan posisinya. Ia disalip Joan Mir dan tak sanggup mengejar. “Saya kehilangan waktu dan juga kemungkinan untuk tetap memimpin balapan. Saya merasa sangat nyaman dengan motornya, tetapi ketika Joan melewati saya, saya tidak bisa mengikutinya, karena dia memiliki kecepatan yang bagus. Pada saat itu saya berpikir untuk tidak membiarkan Espargar√≤ melewati saya,” ungkap Alex Rins.

Joan Mir berhasil menjaga ketenangan demi mempertahankan posisi terdepan. Kemenangan MotoGP Eropa 2020 pun di tangan. Buat Joan Mir, hasil ini sekaligus mendekatkan dirinya ke gelar juara dunia MotoGP 2020. Saat ini Mir memuncaki klasemen MotoGP 2020 dengan 162 poin, unggul atas Fabio Quartararo dan Alex Rins yang sama-sama mengoleksi 125 poin. Tinggal ada dua seri tersisa musim ini. [kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar