Iklan Banner Sukun
Olahraga

Mengenal Sosok Todd Boehly: Pemilik Baru Chelsea

Foto pemilik baru Chelsea, Todd Boehly (Tangkapan Layar Instagram @toddboehlyofc)

Surabaya (beritajatim.com) – Setelah proses panjang dan berliku, Chelsea tinggal selangkah memiliki pemilik baru. Sosok pemilik baru ini bernama Todd Boehly. Boehly akan menjadi penerus dari Roman Abramovich, usai tawarannya sebesar 2.5 miliar pounds diterima oleh klub.

Todd Boehly sendiri merupakan seorang pebisnis dan investor asal Amerika Serikat yang cukup terkenal di tanah kelahirannya. Kini, ia merupakan pemilik dari klub baseball asal Amerika Serikat yang sudah memenangkan 7 gelar MLB World Series yaitu Los Angeles Dodgers.

Di samping itu, Boehly juga adalah bagian dari pemilik klub basket terkenal yaitu Los Angeles Lakers. Harta kekayaan pria ini ditaksir mencapai 3.6 miliar poundsterling. Boehly merupakan lulusan dari universitas publik di Inggris yaitu London School of Economics.

Awalnya, dia bekerja untuk Citibank and CS First lalu pindah ke Guggenheim Partners. Pada tahun 2013, Boehly berhasil menciptakan SportsNet LA yaitu sebuah jaringan yang menayangkan pertandingan baseball.

Dua tahun berselang, dirinya berhasil menciptakan Eldridge Industries, sebuah perusahaan induk yang memiliki 80 bisnis keuangan, media, olahraga, real estate, dan teknologi.

Penawaran yang diajukan untuk membeli Chelsea berasal dari konsorsium yang dipimpin oleh Todd Boehly. Konsorsium ini berisikan Boehly, Clearlake Capital, Mark Walter.and Hansjoerg Wyss dengan penawaran sebesar 2.5 miliar.pounds untuk membeli saham kepemilikan klub.

Dana tersebut rencananya bakal dialirkan ke rekening bank Inggris dengan total tambahan 1.75 miliar pounds untuk dana operasional klub. Penawaran Boehly guna membeli Chelsea ternyata bukan terjadi untuk pertama kali terjadi.

Boehly pernah mengajukan tawaran untuk membeli Chelsea di tahun 2019 lalu dengan bia sebesar 2.2 miliar poundsterling. Sayangnya, penawaran itu ditolak oleh Roman Abramovich yang tidak ada rencana untuk menjual klub kesayangannya itu. Kondisi yang berbanding terbalik dengan yang terjadi saat ini.

Terkenal sebagai pebisnis ulung, Boehly juga pernah menceritakan rahasia dan kunci kesuksesannya. Ia pernah berkata bahwa ketika bernegosiasi, dia berusaha mencarikan kesepakatan terbaik bukan untuk dirinya sendiri melainkan untuk semua pihak. Tujuan utamanya bukan untuk mendapat keuntungan tertinggi, namun dalam rangka membangun hubungan jangka panjang yang baik. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar