Iklan Banner Sukun
Olahraga

Mengenal Perbedaan Striker dan Second Striker, Punya Tugas Nyaris Mirip dalam Sepakbola

Benzema adalah contoh striker murni (Tangkapan Layar Instagram @karimbenzema)

Surabaya (beritajatim.com) – Meskipun sama-sama punya arti penyerang, tetapi kedua posisi ini sedikit berbeda. Stiker punya posisi paling dekat dengan gawang lawan atau memang berfokus permainan pada area kotak penalti lawan.

Sementara itu, seorang second striker berposisi lebih mundur sedikit atau di antara striker dengan gelandang serang sebagai penyambung kedua posisi tersebut. Selain itu, second striker biasanya memiliki posisi asli sebagai gelandang serang karena punya tugas yang nyaris mirip.

Perbedaan tugas dari kedua posisi ini tentu sudah jelas. Jika peran utama seorang striker adalah mencetak gol. Seorang striker harus jadi tujuan umpan akhir dari rekan setimnya sebelum dia melepaskan tendangan agar menjadi gol. Maka dari itu, seorang striker harus pintar mencari posisi dan harus menghindari bek lawan.

Sementara, second striker bertanggung jawab mengatur peluang agar stiker bisa mencetak gol. Second striker juga harus bisa melindungi bola dan dapat menahan sembari menunggu pemain lain atau stiker menyambut bola.

Apabila muncul sebuah peluang, bisa saja seorang second striker mencetak gol. Namun second striker lebih banyak berperan sebagai pemberi assist pada striker murni.

Memang tidak semua klub punya pemain punya posisi second striker. Ambil contoh klub yang punya striker sekaligus second striker yaitu Bayern Munchen, dalam diri Lewandowski sebagai striker murni dan Muller sebagai second striker.

Mereka berdua menjadi tulang punggung klub soal kontribusi gol. Lewandowski sebagai striker memiliki naluri mencetak gol yang tinggi. Lewi didukung Muller sang second striker yang mampu mencipta dan membuat banyak peluang.

Oleh sebab itu, tidak heran jika Lewandowski menjadi top skor kedua Bundesliga sepanjang masa. Sementara itu, Thomas Muller jadi top assist Bundesliga sepanjang masa.

Lewandowski yang mampu memanfaatkan peluang dan Muller yang mampu menciptakan peluang merupakan bukti nyata hubungan kuat antara striker dan second striker yang begitu padu.

Selain second striker, dan striker atau penyerang tunggal. Penyerang dalam sepak bola juga dapat dikategorikan sebagai penyerang tengah atau center forward, dan penyerang sayap atau winger. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar