Iklan Banner Sukun
Olahraga

Mengenal Istilah Gol Tap-in Dalam Sepakbola

(Foto: Twitter, @ManUtd)

Surabaya (beritajatim.com) – Keberadaan Ronaldo di Manchester United tidak berhenti jadi buah bibir banyak pihak. Usai mendapat banyak pujian setelah mencetak rekor demi rekor, kini ia jadi bahan cibiran.

Pemain yang dikenal dengan nama CR7 ini, kembali diperbincangkan karena gol debutnya hanya berupa tap-in. Itu juga berlanjut pada dua gol Ronaldo lainnya dari total seluruh pertandingan bersama MU. Sebagai ganjaran atas gol yang dianggap mudah itu, Ronaldo pun dijuluki ‘Tap-in merchant’.

Gol yang dibuat Ronaldo dalam dunia lapangan hijau dikenal dengan tap-in. Sepintas memang terlihat mudah untuk melakukan gol semacam itu. Namun, saat berada di lapangan hijau, tap-in bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Klub asal Serie A Italia pernah membuktikan, karena banyak fans yang pada yang mengentengkan prosesi gol. Pada tahun tahun 2019 seorang fans As Roma bernama Marco Nicolai memberi komentar di postingan kompilasi gol yang dibuat sama Cengiz Under di tahun tersebut. Fans tersebut pun memberi komentar jika dirinya mampu membuat gol lebih baik dari yang dilakukan Cengiz Under. Meski sebenarya, apa yang dilakukan As Roma itu iklan marketing Hyundai dan Roma sih, tapi hasilnya sang Fans di lapangan hijau cukup membuat tertawa.

Ia nampak terjatuh sebanyak 1 kali, dan gagal 2 kali dari 3 Percobaan. Nicolai lalu diundang oleh As Roma ke stadio Olimpico. Tentunya dia diajak menonton dan duduk di bangku VIP terlebih dahulu untuk menyaksikan pertandingan.

Disela pertandingan, Nicolai diminta untuk mencoba ulang 1 gol yang dibikin dibuat Cengiz Under. Bukannya berhasil, dia justru terpeleset, lalu di 2 kesempatan selanjutnya 1 kali bolanya melambung dan 1 lagi ditangkap dengan gampang.

Dari kejadian tersebut dapat disimpulkan jika tap-in goal bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Meski Banyak fans sepakbola yang meremehkan gol tap-in karena dianggap gampang. Faktanya tidak karena beberapa alasan.

Pertama, seorang pemain harus paham mengatur positioning di depan gawang. Lawan pastinya akan membuat jebakan offside, sehingga momentum antara bola muntah dengan meloloskan diri dari penjagaan dari pemain lawan adalah hal yang sangat sulit.

Kedua, kecepatan dan insting harus dimiliki penyerang untuk bisa didapatkan kemampuan tap-in. Jika terburu-buru menendang bola, tentu peluang bakalan terbuang. Apalagi, terkadang bola juga keluar secara liar dan mudah untuk diantisipasi pemain lawan. Pada akhirnya, fans sepakbola haruslah sadar bahwa gol adalah gol. Meskipun terlihat mudah, ada kesulitan tersendiri bagi para pemain di lapangan. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar