Iklan Banner Sukun
Olahraga

Mengenal Inaki Williams, Pemain Anti Cidera dari Athletic Bilbao

Twitter @ESbeINSPORTS

Surabaya (beritajatim.com) – Athletic Bilbao merupakan klub yang menjalani Liga pada divisi teratas Spanyol. Klub ini terbilang cukup unik karena hanya diperkuat oleh pemain yang lahir di Catalonia atau setidaknya memiliki darah Basque. Meski demikian, Athletic Bilbao menolak dicap rasis. Sebab, menurut mereka ini adalah warisan budaya leluhur yang tak boleh luntur.

Namun, kenyataan berbalik pada 6 Desember tahun 2014. Saat Inaki Williams menyedot anime publik Catalan dan Spanyol karena resmi melakoni debutnya bersama Athletic Bilbao. Williams yang memiliki orang orang tua asli Ghana, benua Afrika, tidak punya darah Basque sama sekali.

Dan hal yang paling utama, Inaki Williams adalah pemain berkulit hitam. Namun, karena lahir di Pamplona, Basque, Inaki Williams dianggap menjadi keturunan Basque dan Spanyol. Mulai 2014, ia tidak pernah keluar dari klub kebanggaan orang Basque itu dan terus konsisten jadi penyumbang gol.

Setelah debut di tahun 2014, Inaki Williams mencetak gol pertama untuk Athletic Bilbao pada Februari. Gol dicetak pada babak 32 besar Liga Europa sekaligus mencatatkan nama Inaki Williams sebagai pemain berkulit hitam pertama yang mencetak gol untuk Athletic Bilbao. Inaki Williams terbilang sebagai pemain yang cukup subur, dia mencetak 67 gol dari total seluruh pertandingan yang dijalani.

Saat pertandingan tandang ke markas Atletico Madrid pada Sabtu (18/09) kemarin, menjadi pertandingan ke-200 berturut-turut bagi Inaki Williams. Pemain ini tidak pernah sekalipun absen berseragam Bilbao sejak musim tahun 2016 lalu melawan Malaga. Sebagaimana dilansir dari ESPN, Inaki menjadi pemain kedua terlama yang bermain berturut-turut setelah Jon Andoni Larrañaga dengan 202 laga tanpa absen.

Sejak pertama kali jadi bagian, Williams telah mencatatkan penampilan ke-300 untuk Lions dalam pertandingan LaLiga Santander. Pemain sepakbola berusia 27 tahun tersebut bergabung dengan daftar eksklusif 45 pemain Athletic lain yang telah terlibat dalam 300 pertandingan untuk klub ini.

Jika Inaki Williams tak mengalami cedera, kesempatannya terbuka lebar untuk menjadi pemain terlama yang menjalani laga berturut-turut di Liga Spanyol. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar