Iklan Banner Sukun
Olahraga

Mengenal Alexia Putellas, Peraih Ballon d’Or Perempuan

(Foto: Instagram, @alexiaps94)

Surabaya (beritajatim.com) – Nama Alexia Putellas mungkin masih asing di telinga para penggemar sepakbola. Hanya mereka yang mengikuti perkembangan sepakbola perempuan yagn akrab dengan nama ini.

Ia adalah pemain sepakbola perempuan di klub Barcelona Woman. Jika tim utama Barcelona sedang diterpa banyak masalah dan cobaan. Hal sebaliknya terjadi di tim perempuan Barcelona. Mereka masih menjadi salah satu tim sepakbola perempuan terbaik di dunia.

Maka tidak salah jika salah satu punggawa mereka, Alexia Putellas meraih penghargaan Ballon d’Or 2021 bersama dengan Lionel Messi di kategori pesepakbola laki-laki terbaik. Penghargaan tersebut mereka raih di penganugerahan Ballon d’Or 2021 telah dihelat bertempat di Paris, Perancis, 29 November 2021.

Alexia sendiri merupakan perempuan kelahiran Mollet del Vallès, Spanyol, pada februari tahun 1994. Uniknya, Alexia dibesarkan dari keluarga yang suka pada basket. Sebenarnya, Putellas kecil lebih akrab dengan basket daripada sepak bola.

Walau begitu, Alexia ternyata tidak terlalu minat sama basket. Dilansir dari media marca, Alexia justru lebih berminat dengan sepakbola, karena sang ayah sering membawanya untuk menyaksikan tim wilayah kebanggaan, Barcelona.

Alexia kecil sangat mengidolakan sosok pemain Barca seperti Andrés Iniesta dan Ronaldinho, yang aksinya sering dia tonton di Camp Nou. Lalu, usia 6 tahun Alexia pun didaftarkan ke akademi CE Sabadell, untuk menimba ilmu dasar sepak bola.

Waktu terus berjalan, Putellas kian mendalami sepak bola. Alexia semakin serius guna mewujudkan mimpi menjadi pesepakbola profesional. Spesifiknya jadi pemain tim putri Barcelona. Putellas bertahan di Sabadell hingga tahun 2005.

Kemudian, dia sempat bergabung ke akademi Barça selama satu tahun. Bakatnya lalu tercium oleh rival Barça yaitu Espanyol, yang meminang Putellas untuk gabung ke akademi Espanyol. Pada tahun 2010, Putellas yang telah berusia 16 tahun lantas diberi kontrak profesional.

Alexia Putellas berkontribusi untuk gelar Copa de la Reina hingga membuat dirinya dipanggil ke Timnas Spanyol kelompok umur 17. Pada 2011, Putellas melanjutkan karir ke klub Levante.

Usai satu musim tahun 2011/12 berseragam Levante, barulah apa yang dicita-citakan Putellas terwujud. Tawaran dari Barça masuk, setelah melihat permainannya yang konsisten. Saat itu, Putellas dilabeli sebagai salah satu bakat terbaik sepak bola putri Spanyol.

Mimpi yang jadi kenyataan itu, membuat usaha Putellas untuk mempertahankan pun semakin keras. Sebagai pemain yang berposisi sebagai gelandang serang, Putellas mengasah skill hingga bisa rutin mencetak 2 digit gol setiap musim.

Kharisma tinggi Putellas membuat dia ditunjuk sebagai kapten tim Barcelona putri di tahun 2020, sekaligus jadi langganan Timnas Spanyol. Sepanjang karir di Barca, Alexia telah mencetak 154 gol dan 13 gelar resmi selama 10 musim yang dijalani. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati