Iklan Banner Sukun
Olahraga

Mengapa Britania Raya Tidak Bergabung Dalam Satu Tim Nasional Sepakbola?

(Foto: Aleks Marinkovic, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Britania Raya memang unik. Ia merupakan gabungan dari beberapa Negara yang berdaulat. Ada Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara sebagai anggotanya. Dalam beberapa kesempatan, mereka pun tergabung menjadi satu di bawah bendera Britania Raya.

Seperti ketika mengikuti ajang olimpiade, tim sepakbola empat negara ini bersatu menjadi satu tim nasional Britania Raya. Namun, di laga internasional lain seperti Piala Eropa, dan Piala Dunia, mereka berdiri sendiri-sendiri. Ada tim nasional Inggris, Wales, Irlandia Utara, dan Skotlandia yang berlaga atas nama negara masing-masing.

Mereka pun memiliki liga sepakbola sendiri-sendiri. Meski ada beberapa klub lintas Britania Raya yang berlaga di Premier League seperti Cardiff City yang secara administratfi ada di Negara Wales.

Berkaitan hal itu, ada beberapa latar belakang yang menyebabkan bisa terjadi. Pertama, event olimpiade itu dijalankan oleh Komite Olimpiade Internasional bernama IOC. Sehingga sejak abad 20, negara-negara yang tergabung dalam Britania Raya tersebut tergabung dalam satu timnas pada event Olimpiade dengan menggunakan nama Britania Raya.

Oleh karena itu pada ajang Olimpiade, tidak ada terdaftar timnas sepak bola Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Sebab keempat negara bagian tersebut memiliki kedaulatan dan federasinya masing-masing. Mereka juga sepakat jika timnas Britania Raya tidak ikut serta meramaikan cabang sepak bola putra pada event olimpiade.

Kendati demikian, timnas Britania Raya tetap mengirimkan wakil pada cabang sepak bola putri. Para pemainnya pun terdiri dari warga negara Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara. Ketika London terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2012, Britania Raya pernah menjajal menghidupkan kembali sepak bola putranya.

Namun hasilnya Britania Raya mengirim pemain yang berisi gabungan pemain Inggris dan pemain Wales. Sayang pada ajang tersebut, Britania Raya yang dihuni Ryan Giggs sebagai kapten gagal di babak perempat final. Dengan alasan tersebut, Britania Raya pun tak lagi mengirim wakil di sepak bola putra dan hanya mengirim wakil untuk sepak bola putri, termasuk di Olimpiade Tokyo tahun 2020 lalu. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar