Iklan Banner Sukun
Olahraga

Menerka Kekuatan 5 Lawan Timnas di AFF U-19, Bagaimana Nasib Indonesia?

Timnas Indonesia u-19 yang akan berlaga di AFF U-19 (Tangkapan Layar Instagram @pssi)

Surabaya (beritajatim.com) – Timnas Indonesia U-19 bakal turut serta dalam Piala AFF U-19 2022. Anak asuh coach Shin Tae-yong nanti akan menghadapi lawan yang tidak mudah pada ajang yang digelar di Jakarta dan Bekasi dari 2 hingga 15 Juli mendatang.

Timnas Indonesia U-19 berada di Grup A Piala AFF U-19 2022. Ronaldo Kwateh, Marselino dan kolega harus berebut satu tiket dengan negara-negara ASEAN lainnya yaitu Thailand, Vietnam, Myanmar, Filipina, serta Brunei Darussalam.

“Dengan persiapan baik. Jadi, target kami adalah juara turnamen tersebut karena juga sebagai tuan rumah,” jelas pelatih Shin Tae-yong. Untuk menerka nasib timnas Indonesia Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022, berikut kekuatan dari lima negara di grup A.

Brunei Darussalam

Brunei Darussalam adalah tim yang acap kali tampil sebagai underdog di kawasan ASEAN. Namun, Brunei memiliki amunisi untuk Timnas Indonesia U-19. Dengan persiapan panjang, Brunei setidaknya punya tekad bisa bersaing.

Apalagi selama 10 kali ikut serta, Brunei masih tidak pernah meraih juara hanya selalu berakhir pada babak penyisihan grup.

Filipina

Filipina dapat dikatakan kuda hitam sesungguhnya. Filipina memang belum pernah merasakan gelar juara sepanjang 10 kali turut serta di piala AFF U-19. Pencapaian terbaik Filipina hanya penyisihan grup. Namun sejauh ini, mereka sudah menggelar satu uji coba yang berakhir dengan kemenangan 4-1 atas Guam.

Myanmar

Myanmar adalah tim tangguh yang mesti diwaspadai timnas Indonesia. Myanmar sejauh ini sudah dua kali jadi juara pada ajang itu. Myanmar meraihnya di tahun 2003 dan 2005. Myanmar tentu menyimpan misi gelar yang sudah lama tidak direngkuh.

Vietnam

Belakang ini, sepak bola Vietnam tengah berada pada fase perkembangan signifikan. Piala AFF U-19 2022 jadi edisi ke-17 yang diikuti Vietnam. Pencapaian terbaik Vietnam di ajang ini menjadi juara di tahun 2007.

Vietnam punya tekad kuat menjadikan Piala AFF U-19 2022 sebagai ajang persiapan untuk ke turnamen lain. Para pemain yg akan dipromosikan ke SEA Games 2023 yang akan berlangsung di Kamboja.

Thailand

Thailand menjadi tim kandidat kuat juara Piala AFF U-19 2022. Anak asuh dari pelatih Salvador Valero Garcia ini menjadi kolektor terbanyak gelar turnamen dengan total lima kali juara.

Thailand cukup matang dalam persiapan Piala AFF U-19 2022. Pasukan timnas Gajah Perang akan memboyong 21 pemain terbaik demi meraih gelar juara. Dalam daftar skuad yang sudah diumumkan, salah satunya ada nama Nathan James. Seperti diketahui, pemain 17 tahun itu adalah bek jangkung yang kini bermain untuk Burnley U-18.

Mampukah Indonesia melangkah jauh dengan peta kekuatan yang ada? Menarik untuk terus diikuti perjuangan dari anak asuh Shin Tae Yong ini. Melihat kekuatan yang ada, timnas Indonesia U-19 punya talenta potensial seperti Ronaldo Kwateh, Kakang Rudianto, Alfriyanto Nico hingga Marselino Ferdinan. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar