Iklan Banner Sukun
Olahraga

Entrop Jayapura

Menengok Kolam Buaya di Samping Tempat Landing Atlet Paralayang

Papua (beritajatim.com) – Selain memiliki panorama laut dan teluk yang romantis untuk dikunjungi, Papua juga memiliki bukit-bukit yang cukup nyaman. Tentu saja, semua itu cocok dikunjungi bersama keluarga maupun teman.

Salah satunya di kawasan Entrop, Kota Jayapura. Selama kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) kawasan ini digunakan untuk tempat landing atlet Paralayang. Sehingga, selain menjadi jujugan warga melihat para atlet Paralayang, mereka juga bisa melihat penangkaran buaya yang ada di sekitar tempat landing.

Ya, di kawasan Entrop ini memang terkenal dengan kolam buaya. Letaknya hanya 30 menit dari pusat kota Jayapura, tepatnya di wilayah distrik Entrop. Peternakan ini sebenarnya dimiliki oleh perusahaan perdagangan yang cukup besar di Jayapura.

Salah satu yang dilakukan perusahaan ini adalah perdagangan buaya, baik itu kulitnya atau dagingnya. Hewan ini memang dilindungi di Indonesia, namun perusahaan tersebut memiliki izin resmi dari pemerintah daerah dengan catatan harus mampu mengembangbiakkannya. Dari hasil perjanjian ini, maka kita dapat mengetahui sebab berdirinya peternakan dan penangkaran buaya di Entrop ini.

Tak heran jika banyak warga sekitar atau para pengguna jalan kerap berhenti dan melihat aktifitas buaya yang berada di dalam kolam. Salah satunya Siors, warga Entrop Jayapura. Dia kerap kali mengajak dua anaknya untuk melihat buaya di pinggir jalan.

Menurutnya penangkaran ini sudah lama ada, sengaja diternak untuk bahan pembuatan tas. Namun ia bersama dua anaknya terkadang membawa daging ayam untuk dilempar dan melihat bagaimana buaya ini makan.

“Ini sudah lama kawasan penangkaran buaya untuk bahan-bahan membuat tas dan sebagainya. Dulu seberang itu adalah sungai. Jika banjir, banyak sekali buaya kecil yang lepas dari sungai itu. Tapi sekarang sudah tidak lagi karena semakin berkurang peternakannya,” ungkap Sior.

Kolam buaya ini menjadi salah satu wisata gratis bagi masyarakat sekitar, tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli tiket. Cukup berhenti di pinggir jalan dan melihat hewan tersebut dari luar. [way/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar