Olahraga

Menantu Bupati Jember Gagas Data Football Center

Try Sandi Apriana, menantu Bupati Hendy Siswanto yang juga legislator DPRD Jember [FOTO: Oryza A. Wirawan]

Jember (beritajatim.com) – Try Sandi Apriana, menantu Bupati Hendy Siswanto yang juga legislator DPRD Jember, Jawa Timur, dari Partai Demokrat, punya obsesi besar terhadap sepak bola di daerahnya.

Sandi menjelaskan, sepak bola adalah hobinya sejak dulu. “Sejak di Desa Kesilir, saya dari SMP sudah ikut klub dan kemudian lanjut menjadi pengurus Garempung. Karena posisinya saya harus pulang-pergi Jakarta-Jember, jadi posisinya membina saja. Tidak full. Tapi setidaknya bisa memberi kontribusi sepak bola di Jember,” katanya, Kamis (29/4/2021).

Sandi bercita-cita, di bawah kepemimpinannya, Asosiasi Sepak Bola PSSI Kabupaten (Askab) Jember membentuk satu tim sepak bola yang meloloskan pemain ke tim nasional. “Kemudian untuk Askab PSSI Jember, kita harus menjadi tuan di negeri sendiri dan harus jadi pemenang dalam Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur saat menjadi ruan rumah (tahun depan),” katanya.

Sandi punya ide untuk mendata perkembangan prestasi para pemain di Jember, terutama mereka yang berbakat. “Untuk bisa PSSI maju, kita harus memiliki data football center. Gunanya buat apa? (Buat memantau) bagaimana perkembangan setiap klub di bawah Askab PSSI Jember. Dari situ kita tahu siapa pemain yang paling bagus yang akan kami bina, kami latih, kami siapkan untuk berkompetisi,” katanya.

Sandi berharap Persid yang sekarang berada di Liga 3 bisa bersinergi dengan Askab PSSI Jember dan menampung pemain-pemain binaan sendiri. “Kalau sudah ditampung, kita punya spesifikasi kelas A, B, C, D. Pemain kan ada kelasnya. Itu harus penilaian setiap enam bulan sekali: bagaimana performanya, apakah masih bisa digunakan atau tidak. Kalau misalkan ada penurunan prestasi, harus apa lagi yang ditingkatkan. Ini pentingnya data football center tadi,” katanya.

Bagaimana dengan pemain berpotensi yang ada dalam data football center namun tidak tertampung di Persid dsan justru diminati klub luar Jember? “Pengambilannya tinggal menghubungi klub internal kita sendiri. Posisi askab hanya memfasilitasi,” kata Sandi. [wir/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar