Olahraga

Menantu Bupati Disarankan Mundur dari Pencalonan Ketua PSSI Jember

Try Sandi Apriana, legislator DPRD Jember, Jawa Timur, dari Partai Demokrat

Jember (beritajatim.com) – Try Sandi Apriana, legislator DPRD Jember, Jawa Timur, dari Partai Demokrat, yang juga menantu Bupati Hendy Siswanto, disarankan mengundurkan diri dari pencalonan ketua Asosiasi Sepak Bola PSSI Kabupaten (Askab) setempat.

Saran ini dilontarkan Joni Budi Utomo, Ketua Macan Putih, klub sepak bola anggota Askab PSSI Jember, usai penetapan tiga bakal calon ketua di kantor Askab, Kamis (29/4/2021). “Sebagai orang sepak bola sejak 2011, saya secara pribadi tidak mengenal sosok Try Sandi,” katanya.

Joni meragukan hasil verifikasi Komisi Pemilihan Askab PSSI Jember. “Benarkah verifikasi dilakukan secara benar? Karena ada Statuta PSSI pasal 34 ayat 4 yang menyatakan calon ketua umum harus berusia di atas 30 tahun dan berkecimpung aktif selama lima tahun,” katanya.

Joni memertanyakan bukti keaktifan Try Sandi di dunia sepak bola. “Keraguan itu perlu diungkapkan sebagai koreksi,” katanya.

Joni berencana melayangkan keberatan atas hasil verifikasi bakal calon itu ke Komisi banding sebelum penetapan calon pada 5 Mei 2021. “Tapi saya berharap secara pribadi agar Pak Try Sandi mundur,” katanya.

Sementara itu, Try Sandi mengatakan, tidak mungkin mengundurkan diri dari pencalonan. “Namanya mendaftar artinya sudah diniati, dan mendapat dukungan. Artinya saya sungguh sunggup,” katanya.

Dalam acara jumpa pers, Sandi menjelaskan, sepak bola adalah hobinya sejak dulu. “Sejak di Desa Kesilir, saya dari SMP sudah ikut klub dan kemudian lanjut menjadi pengurus Garempung. Karena posisinya saya harus pulang-pergi Jakarta-Jember, jadi posisinya membina saja. Tidak full. Tapi setidaknya bisa memberi kontribusi sepak bola di Jember,” katanya.

Sandi bercita-cita, di bawah kepemimpinannya, Askab PSSI Jember membentuk satu tim sepak bola yang meloloskan pemain ke tim nasional. “Terus kemudian untuk Askab PSSI Jember, kita harus menjadi tuan di negeri sendiri dan harus jadi pemenang dalam Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur saat menjadi ruan rumah (tahun depan),” katanya. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar