Olahraga

Menanti Rekor Dunia Ronaldo di Euro 2020

Ronaldo

Malang (beritajatim.com) – Berstatus juara bertahan, Timnas Portugal tergabung di Grup F bersama dua raksasa Eropa, Prancis dan Jerman. Inilah grup neraka dalam Piala Eropa 2020 tahun ini.

Portugal datang ke Euro 2020 sebagai Juara bertahan, setelah mengalahkan Prancis di final Euro 2016 lalu. Bukan cara mudah bagi mega bintang Cristiano Ronaldo saat itu. Keluar lapangan hijau di menit ke-25 karena cedera, Ronaldo justru menjelma bak pelatih kepala. Dari pinggir lapangan, Ronaldo menjadi ‘coach’ bayangan. Melompat lompat kecil dan berteriak. Mengatur kawan-kawanya berlaga. Ronaldo sudah menjadi legenda hidup dalam gelaran Akbar sepak bola di benua biru. Jika tahun ini Portugal sukses mengangkat trophy Euro 2021, dipastikan capaian itu meredam jumawa Spanyol yang mampu menjadi kampiun Eropa dua kali berturut-turut, 2008 dan 2012.

Ada banyak rekor yang bisa dipecahkan bintang Portugal, Ronaldo ini. Dan Euro 2020, salah satu tempatnya. Dari segi penampilan, Ronaldo sudah merumput bersama Portugal sebanyak 21 kali. Butuh satu gol lagi bagi mega bintang Juventus itu untuk menyaingi Michael Platini dengan 9 gol di ajang Piala Eropa.

Meski baru saja lolos ke Liga Champions bersama Juventus, musim ini, bintang ketenaran Ronaldo, makin tak terbendung ditengah kritikan pedas yang menyerangnya. Pada level klub, Ronaldo baru saja meraih penghargaan Capocannoniere Serie A dengan 29 gol. Ronaldo juga membukukan namanya sebagai pemain yang menduduki puncak daftar pencetak gol di ketiga liga dunia. Yakni La Liga, Serie A dan Liga Premier.

Dia juga menjadi orang pertama dalam sejarah Juventus yang mencetak 100 gol kompetitif dalam tiga musim pembukaannya di klub.

Target rekor berikutnya yang bisa terwujud bagi Ronaldo yakni, Rekor dunia 109 gol di laga internasional yang kini di pegang Ali Daei, bisa saja tersalip. Mengingat, hanya butuh 6 gol bagi Ronaldo untuk memecahkan rekor tersebut (Saat ini 103 gol-red). Ronaldo bersama Portugal juga masih memiliki dua laga persahabatan internasional sebelum kick off Euro 2020 dimulai.

Ronaldo percaya bisa melampaui rekor itu tahun ini. Dari tiga pemain di lima liga top Eropa musim ini yang bermain 1.500+ menit, Ronaldo rata-rata setidaknya mampu melakukan lima tembakan ke arah gawang per 90 (5,4). Rekor itu hanya bisa disejajarkan dengan Lionel Messi (5,8) dan Robert Lewandowski (5,0). Ketiganya, bakal menjadi momok bagi penjaga gawang Euro 2020 musim panas ini. [yog/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar