Iklan Banner Sukun
Olahraga

Menang 2-1 Lawan Kuwait, Timnas Indonesia Jaga Asa Lolos Piala Asia 2023

Rachmat Irianto usai mencetak gol kemenangan ke gawang Kuwait (Tangkapan Layar Instagram @pssi)

Surabaya (beritajatim.com) – Timnas Indonesia meraih kemenangan krusial kontra tuan rumah Kuwait 1-2. Laga perdana Kualifikasi Piala Asia 2023, Kamis (8/6/202) dini hari menjaga asa Timnas Indonesia untuk bermain di ajang Piala Asia 2023.

Di babak pertama Kuwait sejatinya bisa membuka kran gol lebih dulu melalui tandukan Yousef Alsulaiman di menit ke-41. Alsulaiman memanfaatkan umpan silang Bader Almotawaa.

Indonesia baru bisa menyamakan skor di menit ke-44 leat penalti Marc Klok. Penalti itu diberikan usai Rachmat Irianto dijegal kiper Hussain Kankon. Babak pertama berakhir dengan sama kuat.

Sukses menjebol Kuwait di babak pertama, Indonesia berusaha menambah skor di babak kedua. Perubahan pemain dilakukan Shin Tae Yong di babak kedua dengan memainkan Muhammad rafli dan Witan Sulaeman, cukup ampuh.

Timnas Garuda membobol gawang Hussain Kankone di menit ke-46. Berawal dari umpan lambung dari belakang, Rafli mendapat bola dan memberikan pada Rachmat Irianto. Rachmat lalu mengoper ke Witan yang diselesaikan dengan tembakan kaki kiri, namun bisa di blok pertahanan Kuwait.

Bola liar bergerak mendekat Rachmat Irianto, dan dikonversi jadi gol di sisi kiri bawah gawang Kuwait. Satu menit berlalu Bader Almotawaa langsung coba membalas dengan ancaman pada Indonesia melalui tendangan dari luar kotak penalti namun membentur tiang kanan.

Usai unggul Indonesia terus mendapat tekanan dari Kuwait. Salah satu ancaman yang diberikan tuan rumah adalah tendangan bebas Fahed Alansari di menit ke-66. Namun tendangannya masih berada dari luar kotak penalti.

Indonesia tak tinggal diam, Witan Sulaeman memperoleh peluang emas di menit ke-81. Akan tetapi Witan yang dijaga satu pemain Kuwait dan berhadapan dengan kiper belum bisa memaksakannya jadi gol. Tendangan kaki kiri Witan melebar ke sisi kanan.

Indonesia terus ditekan Kuwait usai serangan dari sisi sayap yang langsung ke kotak penalti. Akan tetapi lini pertahanan Indonesia dan kiper Nadeo bisa mengamankan gawang.

Ricky Kambuaya dan Dimas Drajat membuang pelaung emas Indonesia untuk mengunci kemenangan di masa injury time. Ricky terlalu lama dalam melepaskan tendangan, sedangkan sementara Dimas melebar ke kanan. Tak ada tambahan gol di sisa laga, Indonesia menang 2-1 atas Kuwait. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar