Iklan Banner Sukun
Olahraga

Menakar Kesuksesan Trio MNM dalam Kemenangan PSG Atas Manchester City

Tangkapan layar instagram @leomessi

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam lanjutan babak grup UEFA Champions League (29/09) dini hari WIB, PSG berhasil melibat tim tamu dengan skor 2-0. Pada laga itu Lionel Messi berhasil menjawab keraguan publik sepakbola dengan gol indah yang bersarang di gawang Ederson. Dalam laga itu, PSG yang pada pertandingan sebelumnya ditahan imbang pun menurunkan skuad terbaiknya. Termasuk di lini serang ada nama trio Messi, Neymar, Mbappe (MNM).

Namun, pertanyaannya sudah solidkah trio yang digadang-gadang bakal jadi yang terbaik di dunia itu? Itu semua bisa terlihat dari sejak awal kedatangan, superstar Lionel Messi yang berhadapan dengan jalan terjal dan harus berjuang membuat dampak bagi PSG. Messi direkrut sebagai bagian dari teka-teki yang hilang PSG untuk memenangkan trofi Liga Champions.

Waktu adalah segalanya, dan Messi mampu menjawab semuanya. Ia pun bisa dipandang sebagai pemain ahli dalam memilih momennya. Messi begitu cermat memilih waktu, tempat, atau lawan yang lebih baik untuk mencetak gol pertama itu yaitu Manchester City.

Terlepas dari kekalahan ini, kemungkinan besar Manchester City akan tetap menjadi salah satu ancaman terbesar bagi ambisi PSG untuk memenangkan trofi Liga Champions musim 2021. Faktanya bahwa City telah bekerja sangat keras untuk meredam Messi yang akhirnya baru bisa membuat gol cantik pada menit ke-74.

Guardiola sendiri mengakui bahwa itu adalah gol yang fantastis dari mantan pemain Barcelona itu.Gol cantik hasil kerjasama apik dengan Kylian Mbappe ini diakhiri dengan tendangan kaki kiri Messi melewati kiper Ederson dari jarak yang cukup pas.

Serangan yang dilakukan PSG itu memang hal luar biasa, juga ada unsur bantuan Mbappe. Namun, dalam pertandingan ini menunjukkan bahwa Pochettino masih harus menemukan formula yang tepat untuk tiga penyerang bintangnya, Messi, Mbappe dan Neymar untuk bekerja sebagai satu unit yang solid.

Gol Messi memang menutupi celah untuk saat ini, dan itu mungkin juga menjadi pemicu kekuatan serangan trio MNM menjadi yang terbaik di dunia. Tetapi jelas terlihat jika setelah gol menit ketujuh Idrissa Gueye, Messi, Neymar dan Mbappe justru memilih untuk berjuang sendiri-sendiri sebagai tiga penyerang sejati.

Masalah PSG adalah bahwa mereka mempunyai tiga penyerang yang sangat berbakat yang semuanya berharap menjadi pemain utama. Messi tetaplah Messi, kini keberadaannya di PSG justru membuat Neymar dan Mbappe pada akhirnya terbukti tidak cocok.

Salah satu dari mereka mungkin harus pergi. Mbappe telah mengatakan bahwa dia ingin pergi ke Real Madrid ketika kontraknya berakhir musim panas mendatang, dan itu mungkin menguntungkan PSG.Sebab, trio penyerang terbaik selalu membutuhkan setidaknya satu pemain yang bersedia mengorbankan dirinya untuk kebaikan tim, tetapi PSG tidak memilikinya dalam diri Neymar atau Mbappe.

Messi dan Neymar bekerja sama dengan sangat baik di Barcelona karena sifat tidak mementingkan diri sendiri dibarengi kerjasama Luis Suarez, sementara Karim Benzema memainkan peran serupa di lini depan saat menjadi trio Benzema Bale dan Cristiano Ronaldo (BBC).

Sementara itu, Roberto Firmino melakukan pekerjaan serupa di Liverpool bersama Mohamed Salah dan Sadio Mane, sementara Manchester United memenangkan Liga Champions di bawah Sir Alex Ferguson pada tahun 2008 karena Wayne Rooney dan Carlos Tevez masing-masing menempatkan ego mereka untuk menyediakan ruang bagi Ronaldo dalam mencetak begitu banyak gol saat berseragam Setan Merah.

Pada akhirnya PSG butuh pemain yang berperan layaknya Benzema, Suarez atau Firmino sebagai pemain ketiga mereka. Sekilas tampak mudah ketika kita melihat pemain sekelas Trio PSG saat ini di atas kertas.

Namun, saat melihat Neymar berjuang untuk terlibat sementara Mbappe justru bingung hendak berlari ke gawang atau mencari Messi, jadi bukti jelas bahwa tidak sesederhana itu untuk bekerja sama dengan pemain-pemain hebat. Tapi PSG masih bisa mengandalkan sosok Lionel Messi. Bahkan tidak menutup kemungkinan Messi akan kembali mencetak gol pada pertandingan berikutnya. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar