Iklan Banner Sukun
Olahraga

Meski Cetak Pemain Hebat, Ini Alasan Timnas Belanda Dapat Julukan Raja Tanpa Mahkota

Foto Virgil Van Dijk (Tangkapan Layar Instagram @virgilvandijk)

Surabaya (beritajatim.com) – Belanda dikenal sebagai negara penghasil banyak pemain hebat. Negara yang identik dengan kincir angit itu juga terkenal sebagai pelopor filosofi permainan Totaal Voetbal. Filosofi yang menjadi salah satu filosofi paling ampuh di sepak bola modern saat ini.

Hal yang cukup unik dari dunia sepak bola, terkadang tim bertabur bintang saja tidak cukup. Faktor keberuntungan juga bisa menentukan siapa yang menjadi juara pada suatu ajang perhelatan. Selain faktor ketidakberuntungan, lantas mengapa Timnas Belanda selalu gagal di Piala Dunia.

Padahal, negara yang dikenal dengan julukan De Oranje itu juga dikenal sebagai negara yang mengutamakan pembinaan bakat-bakat muda.

Oleh sebab itu tidak heran banyak sekali pemain muda berbakat yang berasal dari Belanda dan lantas jadi incaran banyak klub besar di Eropa.

Timnas Belanda juga dikenal sebagai salah satu kesebelasan yang begitu perkasa di dataran Eropa. Tercatat Belanda pernah menjadi kampiun di turnamen akbar Euro 1988. Pada saat itu Belanda dihuni berbagai nama besar seperti Ruud Gullit, Marco van Basten, Frank Rijkaard dan Ronald Koeman.

Bahkan sampai saat ini Belanda juga masih banyak dihuni oleh banyak pemain hebat seperti Memphis Depay, Virgil van Dijk, Frenkie de Jong, hingga Matthijs de Light. Namun trofi EURO 1988 itu lalu menjadi satu-satunya gelar mayor yang dimiliki oleh Belanda hingga saat ini.

Meski punya banyak bakat hebat dan strategi permainan yang atraktif, nyatanya Belanda mengemas julukan raja tanpa mahkota. Hal tersebut dikarenakan Belanda memiliki catatan tiga kali masuk final Piala Dunia dan berakhir tanpa memenangkan gelar apapun.

Belanda menjadi salah satu negara yang paling sering masuk ke final Piala Dunia, mereka tercatat pernah menjadi finalis di tahun 1974, 1978 dan 2010 meskipun selalu gagal menjadi juara.

Bahkan mereka mampu mencapai dua final beruntun di edisi Piala Dunia 1974 dan 1978. Saat turnamen tersebut Belanda berhasil mencapai final dengan bermain bagus, tapi selalu kurang beruntung di final.

Terakhir kali timnas Belanda mencapai final Piala Dunia saat tahun 2010, kala itu Belanda dan Spanyol bermain sama baiknya dan memaksa pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Namun sayang, De Oranje harus mengakui keunggulan Spanyol usai Andres Iniesta mencetak gol kemenangan Spanyol di menit 116. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar