Olahraga

Maju Calon Komite Eksekutif PSSI Tanpa Beban, Ahmad Riyad: Ikuti Alur Saja

Surabaya (beritajatim.com) – Terpilih menjadi salah satu kandidat Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Ahmad Riyadh sama sekali tidak memiliki persiapan menjelang berlangsungnya kongres PSSI pada awal November tahun ini.

Ketika ditanya terkait persiapan sebagai calon Exco PSSI, Riyadh mengaku akan mengikuti alur, serta tidak terlalu berharap terpilih menjadi anggota Komite Eksekutif. “Tidak ada planing, menghormati teman-teman yang mengusulkan sajalah, walaupun saya tidak mengirim persyaratannya,” kata Riyadh, Kamis (24/10/2019).

Pria yang juga menjabat sebagai Ketum PSSI Jatim ini seandainya terpilih menjadi anggota Exco, ia akan melakukan beberapa penyegaran terkait pembibitan sepak bola. Karena menurutnya, hal tersebut yang dianggap hilang saat memasuki usia remaja.

“Sebetulnya PSSI punya blue print dan program yang bagus, tinggal nanti menjalankannya bagaimana. Selain itu juga, siapapun pengurusnya, harus menjadikan sepakbola Indonesia ini lebih baik, seperti mulai pembinaan sejak dini ini harus terus dipegang, hingga usia senior,” imbuh dia.

Riyadh mencontohkan, lawan Evan Dimas dkk yang saat itu bertanding di Piala AFF U-19, kini sudah berada di Eropa, dan menjadi pemain hebat, lalu kenapa Evan masih di Indonesia, ia menjawab karena pembinaannya yang kurang baik. “Ini kembali lagi ke pembinaannya. Yang namanya moncer sejak kecil di Timnas senior saat ini ndak sampai 30 persen, lainnya dari mana? Lah ini perlunya ada data base dan pembinaan kembali ditingkatkan,” harap Riyadh.

Ia melihat kultur sepak bola di Indonesia kalau tidak ada prestasi bagus, akan terus dihujat, seperti timnas senior. Meskipun di dalam stadion terlihat suporter selalu memenuhi stadion. “Organisasi olahraga ini dilihatnya itu dari prestasi, kalau prestasi jeblok dijelekkan pasti, terutama sepak bola. Nah ini harus kita ubah,” imbuh pria yang juga berprofesi sebagai pengacara itu.

Di sisi lain, dari beberapa nama calon Exco yang mendaftarkan diri, Riyadh tak takut bersaing. Meskipun nantinya ia tidak dipilih, yang terpenting ia sudah menyampaikan usulan pada anggota Komite Eksekutif yang terpilih. “Tidak masalah kalau persaingan, saya loh ndak lolos ya tidak apa. Toh saya juga di Jatim,” ucap Riyadh.[way/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar