Olahraga

Luuk De Jong Selamatkan Barcelona Dari Kekalahan Atas Espanyol

(Sumber foto: Tangkapan Layar Instagram @luukdejong9)

Surabaya (beritajatim.com) – Derby Catalunya mempertemukan Espanyol melawan Barcelona pada Senin (14/2) dini hari WIB. Barcelona nyaris saja kalah jika Luuk de Jong tidak berhasil mencetak gol sekarat di menit akhir.

Luuk de Jong bak juru penyelamat yang membuat El Barca berhasil mencuri poin dari kunjungan ke markas Espanyol. Pada lanjutan La Liga pekan ke 24 di RCDE Stadium itu, kedua tim bermain sama kuat 2-2 dengan pertandingan yang diwarnai tiga kartu merah. Dua untuk pemain Espanyol yaitu Nico Melamed dan Manu Morales, serta satu kartu merah untuk Gerard Pique.

Pada laga ini, Barca unggul cepat saat menit kedua lewat gelandang muda Pedri, namun Espanyol menyamakan kedudukan jelang turun minum melalui Sergi Darder. Darder kembali berkontribusi untuk membalikkan keadaan dengan assist-nya yang berbuah gol Raul de Tomas pada menit ke-64.

Blaugrana membutuhkan masa injury time untuk menyamakan angka. Hingga akhirnya De Jong berhasil melakukan itu meneruskan umpan Adama Traore.

Ada beberapa catatan menarik dalam derby Catalunya kali ini. Barca memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka melawan Espanyol menjadi 24 pertandingan beruntun di La Liga. Statistik itu lebih baik dari rekor yang dikemas Real Madrid kala jumpa Atletico Madrid antara 2000 dan 2013.

Sementara itu, gol pembuka Pedri di detik ke-74 merupakan yang tercepat di derby Catalunya untuk abad ke-21. Selain itu, Jordi Alba sekarang telah memberi lima assist dari 17 penampilannya di La Liga, lebih banyak ketimbang bek lainnya di kompetisi ini.

Barcelona di sisi lain menjadi tim dengan koleksi gol sundulan terbanyak dibanding tim lain di liga musim ini (sepuluh). Itu merupakan statistik terbaik mereka di satu musim kompetisi sejak 2016/17 (juga sepuluh dalam 38 pertandingan.

Namun, hasil imbang ini membuat Barca terpaut 15 angka di belakang Real Madrid. Madrid sendiri saat ini masih nyaman di puncak dengan koleksi 54 poin dari 24 pertandingan. Sementara itu, Barca menempati posisi keempat lewat raihan 39 angka dari 23 pertandingan pertama.

Barca juga berpotensi bisa kehilangan zona Liga Champions musim depan lantaran mereka bersaing ketat dengan tim kuat di bawahnya. Ada Atletico Madrid, Real Sociedad, Villarreal hingga Athletic Bilbao yang masih mengintai. (dan/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar