Olahraga

Liga 3 Bergulir November, Syarat Utama Harus Vaksin

Surabaya (beritajatim.com) – Meski PSSI pusat belum mengeluarkan surat resmi akan kompetisi akan bergulir kembali Agustus mendatang, namun angin segar telah diberikan dalam rilisnya beberapa hari lalu. Hal ini pun disambut secara terbuka oleh Asprov Jawa Timur karena berkaitan dengan kompetisi liga 3 yang juga akan ikut bergulir.

Dyan Puspito Rini, Sekretaris Asprov PSSI Jatim mengatakan jika Asprov PSSI Jatim juga sudah berkoordinasi akan persiapan liga 3 yang rencananya akan bergulir di minggu pertama bulan November mendatang.

Hanya saja yang berbeda dengan liga 3 sebelum pandemi, di tahan 2021 ini tidak menggunakan sistem home away melainkan pemilihan empat stadion kota dan kabupaten.

“Jadi kita sudah berkoordinasi setelah Agustus liga 1 kick off kita akan mulai di minggu pertama bulan November setelah PON Papua. Maka sejak bulan Juli ini kita sudah mulai melakukan pendataan dan verivikasi dari 76 klub yang mendaftar mana yang secara resmi akan ikut kompetisi di empat stadion yang akan kami pilih,”ujar Sekretaris yang kerap di sapa Ririn di Kantor Asprov PSSI Jatim, Rabu (4/8/2021).

Bukan hanya menghapus laga home away nantinya panita akan memperketar protokol kesehatan kepada semua aspek yang berada dalam lingkaran ring 1 saat pertandingan..

Semua perangkat hingga tim akan dilakukan swab setiap sebelum pertandingan, mereka bisa melakukam malam sebelum pertandingan maupun sebelum masuk ke stadion. Dan satu syarat utama adalah semua perangkat pertandingan dan tim yang akan bertanding sudah melakukan vaksin.

Pertandingan tanpa penonton pun dijalankan, serta mensterilkan semua stadion baik stadion maupun ruang ganti di dalam stadion. Hingga menjaga jarak dan bermasker.

“Karena kita tidak mau ada teguran dari satgas covid maupun kepolisia sosialisasi di piala menpora lalu menjadi acuan kita dalam penerapan Protokol pertandingan liga 3 nanti. Dan tentunya syarat utama adalah semua perangkat dan tim sepak bola sudah melakukan vaksin,”imbunya.

Sebelumnya PSSI memutuskan untuk menggelar kompetisi 2021-2022 di tengah pandemi covid-19 pada tanggal 20 Agustus. Keputusan kick-off itu diambil setelah PSSI melakukan konsultasi dengan Menpora Zainudin Amali dan Mabes Polri.[way/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar