Iklan Banner Sukun
Olahraga

Liga 1 Indonesia Musim 2021/22 Jadi Kompetitif, Ini Alasannya

Tangkapan layar Instagram @liga1match

Surabaya (beritajatim.com) – Pada musim-musim sebelumnya Liga 1 Indonesia kerap diremehkan dengan sejumlah Liga top di Asia Tenggara seperti Liga Thailand dan Liga Malaysia. Namun nyatanya, musim 2021/22 jadi awal kebangkitan Liga 1 Indonesia. Kini Liga 1 Indonesia pun jadi kompetisi dengan daya saing yang lebih kompetitif. Lalu, mengapa hal itu bisa dikatakan benar? Berikut ini alasannya.

 

Klub baru bermunculan

Kendati dihuni oleh banyak klub dengan sejarah panjang yang sarat akan prestasi, tak menjadi halangan bagi klub-klub yang baru pentas di Liga 1 Indonesia untuk meraih gelar juara. Contoh saja Bhayangkara FC dan juga Bali United, yang terbukti mampu menjuarai liga Indonesia pada tahun 2017 juga pada tahun 2019 lalu.

Karena hal itu, persaingan di Liga Indonesia terasa semakin seru, mengingat juga skuad mewah yang dimiliki oleh tim-tim anyar tersebut. Musim 2021/22 pun memunculkan banyak kandidat yang diprediksi bakal mampu meraih gelar juara.

 

Banyak Kandidat Juara

Tak seperti halnya di Liga Thailand dan Liga Malaysia yang hanya menyisakan 1 atau 2 tim saja dalam perjalanan meraih gelar juara di akhir musim. Sebab hampir setiap musim Liga Indonesia selalu menyajikan persaingan yang ketat hingga pekan akhir Liga 1.

Contohnya pada Liga 1 tahun 2017 lalu, Liga Indonesia masih menyisakan hingga 5 klub seperti Bhayangkara FC, Bali United, PSM Makassar, Persipura Jayapura juga Madura United. Kelima tim itu masih berpeluang juara meski telah mencapai pekan-pekan akhir. Persaingan gengsi, ambisi, dan ketekunan tim jadi ujian saat musim 2017.

Fanatisme Suporter

Jika dibanding dengan beberapa Liga di kawasan Asia Tenggara, jumlah suporter Liga Indonesia hampir dipastikan selalu membludak di setiap pertandingan. Saat tahun 2017 lalu, total penonton yang menyaksikan langsung di Stadion mencapai angka 2.378.711 orang atau rata-rata 8.713 orang per laganya.

Pada tahun yang sama pula, jumlah tersebut sangat kontras dengan total penonton yang menyaksikan pertandingan Liga Thailand langsung di Stadion yang hanya menyentuh angka 1.304.302 penonton atau dengan kata lain rata-rata 4.725 penonton setiap laganya. Bukti data itu menandakan bahwa masyarakat Indonesia mempunyai fanatisme yang tinggi terhadap dunia Sepakbola. Belum lagi setiap klub yang punya julukan tersendiri bagi penggemarnya.

Musim 2021/22 dengan banyaknya ambisi, dan perubahan dari masing-masing klub, jelas persaingan semakin ketat. Kompetisi Liga 1 Indonesia tidak hanya kompetitif, tapi juga syarat akan gengsi. [dan/esd]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar