Iklan Banner Sukun
Olahraga

Lengkapi Syarat PT LIB, Pemain Arema FC Bakal Tes Fisik

Instagram Arema FC Official.

Malang (beritajatim.com) – Pemain Arema FC akan menjalani tes fisik dengan mendatangkan evaluator dari luar tim. Tes fisik ini dilakukan sebagai salah satu syarat dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebelum kompetisi Liga 1 2022 bergulir.

“Sekarang kami menunggu koordinasi jadwal dengan manajemen kapan kita bisa tes fisik lengkap tahunan sebagai agenda rutin atau syarat untuk memenuhi syarat administrasi dari LIB,” ujar Dokter Tim Arema FC, Nanang Tri Wahyudi, Kamis (26/5/2022).

Nanang menuturkan bahwa tes fisik ini wajib dilakukan oleh seluruh kontestan Liga 1. Tes fisik dianggap cukup penting sebagai legalitas bahwa pemain yang direkrut memenuhi syarat dari segi fisik. Kemudian evaluator yang melakukan penilaian berhak memutuskan pemain yang bersangkutan memenuhi syarat.

“Nanti dari pihak evaluator yang menyatakan pemain layak bermain di Liga 1.  Penting sudah memenuhi syarat kesehatan, ibarat karyawan itu dia layak bekerja tanpa catatan, atau bekerja dengan catatan yang penting ada legalisasi dari pihak evaluator,” imbuh Nanang.

Nanang menyebut, kunci fisik prima adalah penyesuaian antara latihan dan pemulihan. Menurutnya keseimbangan antara latihan dan pemulihan menjadi faktor penting agar pemain terhindar dari cedera.

“Yang penting bisa menjaga keseimbangan antara latihan dengan recovery. Recovery kan terdiri dari istirahat dan nutrisi, jadi mereka harus menjaga keseimbangan itu agar performanya semakin naik, tidak gampang cedera,” ucap Nanang.

Adapun, tes kesehatan yang akan dilakukan meliputi tes kondisi fisik jantung, paru, ginjal, lever, darah dan urine. Bagi pemain yang berhalangan mengikuti tes fisik bisa menyusul dikemudian hari. Sehingga semua pemain dipastikan mengikuti tes fisik.

“Tesnya kesehatan lengkap mulai dari kondisi fisik, jantung, paru, ginjal, lever, darah dan urine. Kalau ada yang belum ikut, nanti menyusul karena pendaftaran pemain salah satunya adalah itu, ada PCMA kalau tidak ada tidak bisa didaftarkan,” tandasnya. [luc/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar