Olahraga

Legenda Manchester City, Colin Bell Tutup Usia

Manchester (beritajatim.com) – Mantan gelandang Manchester City, Colin Bell, meninggalkan dunia pada usia 74 tahun. Berita duka tersebut disampaikan oleh City lewat sebuah pernyataannya. Bell mencatatkan 492 penampilan dengan mencetak 152 gol selama 13 tahun berseragam City. Ia bergabung dengan City pada 1966 dari Bury.

Bell memiliki jasa besar kepada City. Ia membantu City promosi ke devisi teratas tahun itu. Dia salah satu pemain menonjol saat mengalahkan Manhester United untuk membantu memenangkan gelar Divisi Pertama pada tahun 1968.

Bell juga turut membawa City meraih trofi Piala FA 1969 dan dua trofi lagi pada 1970, yaitu Piala Liga dan Piala Winners Eropa. Bell juga pencetak gol terbanyak klub sebanyak tiga kali.

“Colin meninggal dengan damai sore ini setelah penyakit singkat yang tidak berhubungan dengan Covid-19, pada usia 74. Dia meninggalkan istri Marie, anak-anak Jon dan Dawn dan cucu, Luke, Mark, Isla, dan Jack,” demikian bunyi pernyataan klub dilansir dari Sportsmole, Rabu (6/1).

Bell mendapatkan julukan ‘The King of the Kippax’. Namanya juga menjadi salah satu nama stand di Etihad Stadiun berkat voting penggemar.

Bos Manchester City Khaldoon Al Mubarak mengatakan, Colin Bell akan selalu dikenang sebagai salah satu pemain terhebat City. Berita meninggalnya Bell sangat menyedihkan dan akan memengaruhi semua orang yang terhubung dengannya.

Twitter resmi timnas Inggris juga turur menyampaikan kesedihannya. “Kami sangat sedih dengan berita bahwa Colin Bell, yang menjalani 48 caps untuk Three Lions antara 1968 dan 1975, telah meninggal dunia,” demikian bunyi pernyataan timnas Inggris.

Mantan rekan Bell di City yang kini menjadi duta klub, Mike Summerbee menilai, Bell merupakan pria baik dan rendah hati. Dia merupakan bintang besar City walaupun banyak yang tak menyadarinya. Dan Summerbee mengeklaim gelandang City saat ini, Kevin De Bruyne, mengingatkannya pada permainan Bell kala itu.

“Meskipun saya tahu dia akan buruk untuk sementara waktu, saya tidak menyangka akan kehilangan dia. Ini benar-benar mengejutkan,” ujar Summerbee.

Sejumlah ucapan bela sungkawa dan testimoni mengalir dari berbagai pihak, khususnya dari mantan rekan-rekan Bell di City. Di antaranya mantan kapten City akhir 1960-an dan awal 1970an, Tony Book. [kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar