Olahraga

LBH Berni Rencana Ajukan RUU Persepakbolaan, Mengapa?

Jember (beritajatim.com) – Lembaga Bantuan Hukum Berni, sebuah lembaga bantuan hukum yang berafilisasi dengan kelompok suporter sepak bola Jember Brani (Berni) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, segera menyusun dan mengajukan Rancangan Undang-Undang Persepakbolaan melalui DPR RI.

Hal ini dikemukakan Ketua LBH Berni Donny Tri Istiqomah dalam siaran persnya, Senin (11/3/2019). “Salah satu poinnya adalah memasukkan norma-norma yang berkaitan langsung dengan perlindungan suporter sepak bola,” kata mantan aktivis mahasiswa Universitas Jember ini.

Menurut Donny, suporter di dunia sepakbola selalu memegang peranan penting dalam menentukan kesuksesan setiap klub. “Sayangnya, pelibatan suporter dalam industri sepakbola ini seringkali tidak diiringi oleh sebuah perlindungan hukum yang baik,” katanya.

“Pelaku industri sepak bola seringkali lepas dari tanggungjawab ketika terjadi persoalan yang menimpa suporternya. Salah satunya ketika terjadi kekerasan fisik yang terjadi antar supporter. Berdasarkan data Save Our Soccer (SOS), jumlah suporter yang meninggal dunia telah mencapai 44 orang dalam kurun waktu 2007 – 2018,” kata Donny, prihatin.

Selain berjuang melalui jalur legislasi, LBH Berni akan melakukan langkah pendampingan hukum (advokasi) dan pembelaan hukum terhadap para suporter sepakbola, khususnya anggota Berni. “Kami akan membangun kesadaran dan kepatuhan terhadap hukum melalui kursus dan bimbingan hukum yang diarahkan kepada penanaman nilai-nilai solidaritas dan sportivitas,” kata Donny.

Donny juga menegaskan, LBH Berni membangun kepedulian melalui pembelaan, bantuan hukum dan bantuan sosial kepada mantan-mantan atlet dan pelatih sepakbola. “Ini sebagai wujud penghargaan terhadap jasa-jasanya dalam memajukan persepakbolaan Jember,” katanya. [wir/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar