Iklan Banner Sukun
Olahraga

Layakkah N’Golo Kante Menyandang Gelar Gelandang Bertahan Terbaik Dunia Saat Ini?

Instagram @nglkante

Surabaya (beritajatim.com) – Sejak pertama diboyong ke Stamford Bridge, Kante sudah membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain yang layak diperhitungkan. Namun, banyak penggemar yang menganggap bahwa Kante sudah memasuki fase penurunan performa sejak ia sering menuju ke ruang medis dalam 3 musim terakhir.

Akhirnya musim 2020/21 perlahan Kante kembali menemukan permainan terbaik. Era kepelatihan Thomas Tuchel saat ini, Kante menjelma sebagai salah satu pemain kunci skuad utama Chelsea. Lalu apa saja kelebihan yang dimiliki kante sehingga kembali menjadi andalan utama di lini tengah Chelsea pada musim ini, dan layak menyandang gelar gelandang bertahan terbaik di dunia?

Kekuatan utama dari Kante adalah etos kerjanya yang sangat tinggi, hal ini didukung dengan sikap Kante sebagai petarung di lapangan. Ia jadi pemain yang tidak kenal lelah dengan stamina prima. Dalam melakukan pressing, Kante adalah terbaik ketiga di Chelsea pada musim lalu setelah Mason Mount dan Jorginho. Pemain yang juga jadi andalan Timnas Prancis ini total melakukan 644 kali pressing selama musim lalu. Ia seolah tidak pernah lelah berlari dan merebut bola dari lawan.

Kante jadi pemain yang cukup peka untuk membaca situasi permainan di lapangan. Hal ini terlihat dari bagaimana Kante melakukan interception yang memerlukan kemampuan dalam membaca arah bola. Bahkan, angkat interception Kante di musim lalu sebanyak 82 kali di semua kompetisi, itu jadi yang terbaik di Chelsea. Selain itu, Kante cukup piawai dalam covering position dimana dirinya kerap melakukan cover posisi dari rekan yang melakukan overlap saat berada di fase transisi negatif.

Kante dibekali kemampuan tackling yang baik. Kemampuan defensifnya menjadi alasan mengapa Kante kerap disebut sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia. Kante memiliki catatan sebanyak 80 tackle berhasil dari 108 tackle di semua ajang musim 2020/21. Di samping itu, 46 dari 108 tackle Kante terlaksana di area middle third. Itu berarti berarti Kante cukup baik berurusan dengan lawannya di area lapangan tengah.

Hal terakhir yang juga dimiliki N’Golo Kante yaitu kemampuan passing. Seiring berjalannya waktu kemampuan passing milik Kante kian meningkat. Saat English Premier League musim 2020/21 passing akurat pada setiap permainan yang dilakoni mencapai 86%. Kante juga berani melakukan passing game di area lawan. Ia mengemas angka statistik passing sukses di area lawan sebesar 85% di EPL musim 2020/21. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar