Olahraga

Lawan Borneo FC, Aji Santoso Mainkan Ernando Ari, Kiper Muda Jebolan Timnas U16

Surabaya (beritajatim.com) – Pertandingan perdana melawan Borneo FC memang cukup berat bagi tim Persebaya Surabaya. Bukan hanya setelah beristirahat hampir dua tahun tanpa kompetisi, tim besutan Aji Santoso juga tengah diterpa badai regulasi pemain asing akan vaksin dan cedera pemain.

Salah satu pemain cedera adalah kiper utama tim Bajul Ijo Satria Tama. Pelatih Persebaya Aji Santoso dipaksa memutar otak menyikapi cedera Satria Tama. Aji lantas memilih untuk menunjuk Ernando Ari sebagai pengganti dalam di laga pertama BRI Liga 1, Sabtu (4/9/2021) di Stadon Wibawa Mukti Cikarang.

Seperti diketahui Ernando Ari adalah pemain muda jebolan Timnas U16. Dalam konferensi pers melalui zoom metting, Jumat (3/9/2021), AJi mengatakan sudah memanggil Ernando di latihan terakhir Persebaya sebelum berangkat ke Jakarta. Dia memberikan motivasi kepada pemain berusia 18 tahun ini untuk meningkatkan rasa percaya dirinya.

Aji melihat bagaimana kualitas pemain asal Jawa Tengah ini cukup bagus, ia pun menjadi kiper utama ketika di Timnas u16 dan U19 musim lalu.

“Ketika sudah ada kepastian pertandingan pertama Satria Tama tidak bisa bermain, Nando saya panggil face to face saya sampaikan kedia bagaimana menumbuhkan rasa percaya dirinya. Ini merupakan kesempatan baik karena saya tahu dia punya kualitas. Dia salah satu kiper utama di tinmas jadi saya memiliki kepercayaan besar. Kedua untuk menunjukkan kemampuannya di pertandingan pertama semaksimal mungkin,” ungkap Aji Santoso.

Lebih lanjut dikatakan Aji, meskipun bisa dikatakan diterpa badai di laga perdana ini, Persebaya akan tampil sangat baik dengan kualitas pemain yang ada. Bahkan ia sudah melakukan rotasi pemain dari posisi yang kosong. Siapa akan menggantikan siapa terutama di posisi gelandang, center back, hingga kiper dan ia melihat bagaimana kesiapan pemain lokal yang dimiliki cukup memupuni untuk bertemu dengan Borneo FC.

“Yang jelas kami sudah berbicara beberapa hari yang lalu dan sudah mendapat konfirmasi akan regulasi beberapa pemain kami tidak dapat turun otomatis kita sudah merotasi beberapa pemain ke sektor yang kosong,” imbuh Aji.

Diketahui sebelumnya Persebaya Surabaya merupakan salah satu tim yang terdampak regulasi baru dari PT LIB akan pertandingan BRI Liga 1. Empat pemain asingnya baru saja menyelesaikan vaksin pertamanya di bulan Agustus dan vaksin kedua di bulan November. Sedangkan regulasi, pemain liga bisa diturunkan dengan syarat harus menyelesaikan vaksinasi hingga tahap kedua. Bukan hanya itu, Aji Santoso juga harus menyimpan dua wonderkid karena baru menyelesaikan vaksin dan persiapan timnas Indonesia. [way/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar