Olahraga

Latih Kemandirian Anak Melalui Olahraga Basket

Surabaya (beritajatum.com) – Olahraga basket tidak hanya dipercaya bisa menambah tinggi badan sekaligus menyehatkan. Dalam proses permainan basket juga bisa melatih kemandirian anak.

Alasan itulah yang membuat Akademi Jr NBA juga bekerjasama dengan Pemerintah Propinsi Jawa Timur untuk memasukan kurikulum tentang olahraga basket pada pembelajaran di sekolah.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Timur, Supratomo yang ditemui usai membuka Akademi Jr NBA di GOR Kertajaya pada Senin, 10 Februari 2020 menuturkan kegiatan olahraga basket  bisa memotivasi para pemuda atau siswa-siswa untuk lebih tertarik ke basket dan tidak perlu minder karena tinggi badan. “Fisik, sebenarnya tidak ada hubungannya,” tegasnya.

Melalui olahraga basket, anak-anak tidak hanya melatih gerak tubuh saja. Melainkan mereka juga diajari bagaimana mengatur strategi, mempertahankan kebenaran, menjaga kesolidan hingga bekerjasama secara tim.

Akademi Jr. NBA kedua kalinya ini kembali diikuti sedikitnya 1700  guru olahraga tingkat TK, SD, SMP dan SMA dari 10 kabupaten/kota di Jawa Timur. “Dengan adanya akademi Jr. NBA ini  para guru olah raga bisa belajar bersama teknik-teknik dan bisa diajarkan ke para siswa,” tuturnya.

Pelatihan basket secara dasar, mulai dari pergerakan tanpa bola, mendribble, beberapa aspek dalam teknik satu lawan satu dan bermain bertahan. Selain itu ada juga teknik bertahan, menyerang dan cara menembak yang tepat.

Para guru begitu antusias mengikuti gerakan yang diperagakan oleh pelatih cantik dari NBA Jr Asia Coach, Natalia Andre. Natalia sangat bersemangat menjawab pertanyaan dan memeragakan beberapa gerakan basket pada para peserta.

Setelah ini, Natalia mengatakan pihaknya akan mengunjungi beberapa sekolah secara bergilir, dan mengajari langsung pada para siswa tentang beberapa teknik dalam basket. Mulai dari

Akademi pelatih NBA Jr bertujuan untuk semakin mengembangkan olah raga basket lokal melalui pelatihan lapanfan, penguatan, dan pengkondisian tubuh dan pendidikan basket.[rea/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar