Iklan Banner Sukun
Olahraga

Kontra UEA di Laga Pamungkas, Timnas Rombak Skuad?

Dubai (beritajatim.com) – Timnas Indonesia akan menghadapi tuan rumah Uni Emirat Arab pada laga pamungkas lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia grup G di Stadion Zabeel, Dubai, Jumat (11/6/2021) malam ini.

Timnas Indonesia sudah dipastikan menjadi juru kunci dalam grup G meskipun nanti menang atas tuan rumah. Sebab, poin maksimal timnas yaitu 4 dari 8 laga yang dijalani. Saat ini, timnas masih meraih 1 poin dari 7 laga.

Meski begitu, timnas tetap akan tampil maksimal melawan UEA. Namun, skuad Garuda tak akan didampingi oleh juru taktik utama, Shin Tae-yong yang absen karena akumulasi kartu kuning.

Pelatih asal Korea Selatan itu diganjar kartu kuning pertama di laga timnas Indonesia melawan Thailand yang berakhir dengan skor 2-2 pada Kamis (3/6/2021).

Setelah itu, kartu kuning kedua didapatkan saat timnas Indonesia dibantai Vietnam dengan skor 0-4 pada 7 Juni lalu. Untuk itu, timnas Indonesia akan didampingi sang asisten pelatih, Choi In-cheol. Choi In-cheol sendiri sudah hadir dalam konferensi pers pra-laga pada Kamis (10/6/2021).

“Walaupun tak bisa lolos dari babak kualifikasi Piala Dunia ini, kami tetap melihat potensi para pemain muda ini,” ujar Choi In-cheol dalam jumpa pers jelang kontra UEA, Kamis (10/6/2021).

“Jadi kami tetap akan bekerja keras. Kami tetap akan menjadi satu dan kami akan memaksimalkan tim untuk menghadapi UEA,” ucapnya.

Skuad Garuda menjalani program latihan dengan mempersiapkan berbagai eksperimen untuk menghadapi UEA.

Choi In-cheol juga telah mempersiapkan berbagai bentuk organisasi permainan yang siap diterapkan dalam pertandingan nantinya. “Kami sudah menjalani latihan yang berkualitas dan menyiapkan organisasi permainan kami, apalagi dengan banyaknya pemain muda. Jadi, dengan begitu, kami akan menunjukkan penampilan yang lebih baik,” tuturnya.

Berdasarkan pernyataan Choi di atas, akankah ada perombakan di lini pertahanan Indonesia pada laga melawan UEA? Pasalnya, pada dua laga sebelumnya Shin Tae-yong tak pernah mengubah lini pertahanan yang menyebabkan 7 pemain belum pernah dimainkan di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pada dua laga terakhir lawan Thailand dan Vietnam, Shin Tae-yong mempercayakan gawang timnas Indonesia dijaga oleh Nadeo Argawinata.

Hal ini membuat 3 kiper tak pernah mencatat menit bermain yakni Aqil Savik, Muhammad Riyandi dan Adi Satrya. Adapun hanya Muhammad Riyandi yang dibawa di bench timnas Indonesia dalam laga melawan Thailand dan Vietnam.

Begitu pula dengan formasi 4 bek yang diturunkan berturut-turut adalah Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Arif Satria dan Pratama Arhan.

Keempat bek tersebut selalu bermain penuh 90 menit tanpa diganti dalam 2 laga terakhir. Hal ini membuat Didik Wahyu, Firza Andika dan Rifad Marasabessy harus duduk di bench terus-terusan. Andy Setyo dan Ryuji Utomo dikonfirmasi mengalami cedera sehingga tak pernah masuk bench dalam 2 laga tersebut.

Sementara itu, gelandang asal Nusa Tenggara Barat, Ady Setyawan menjadi pemain terakhir yang belum pernah dimainkan Shin Tae-yong. Ia berposisi sebagai gelandang bertahan.

Dalam dua laga terakhir, posisi ini ditempati oleh Kadek Agung dan Rachmat Irianto secara bergantian. Pada dua laga melawan Thailand dan Vietnam, Shin Tae-yong praktis hanya memainkan seluruh pemain di lini tengah dan lini depan. [kun]

Prediksi Line-up Timnas Indonesia saat lawan Uni Emirat Arab:

Timnas Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Arif Satria, Pratama Arhan; Kadek Agung, Syahrian Abimanyu; Evan Dimas, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman; Kushedya Hari Yudo


Apa Reaksi Anda?

Komentar