Olahraga

Kongres, Asprov PSSI Jatim Usul Fokus Pengelolaan Sepak Bola Kelompok Umum

Surabaya (beritajatim.com) – Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jawa Timur membawa misi baru dalam Kongres Tahunan PSSI di Nusa Dua, Bali, Minggu (20/1/2019).

Ketua Umum Asprov PSSI Jatim, Ahmad Riyadh, mengatakan jika akan mengusulkan pengelolaan terhadap sepak bola untuk kelompok umur. Terutama, pasca keberhasilan Timnas U-16 di Piala AFF 2018.

“Kita konsentrasi di jawa timur kelompok umur harus digenjot. Kelompok umur ini harus dibina dengan sungguh-sungguh. Dalam kongres nanti kita akan usulkan U-16 yang sudah luar biasa ini harus kita contoh dan dilakukan studi banding belajar dari negara tetangga,” jelas Riyadh saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Riyadh mengatakan, jika sudah saatnya PSSI Pusat kembali membentuk tim khusus untuk menbina atlet-atlet usia muda. Utamanya, pembinaan jangka panjang bagi para pemain Timnas U-16 dalam satu klub khusus.

Ia menjelaskan, hal itu sangat perlu agar kekompakan tim tetap terjaga hingga memasuki usia senior. “Ini harus dikompakkan terus sampai U-23. Jangan pernah pemain ini dilepas ke klub, nanti malah terkontaminasi dengan bisnis. Apalagi, saya kira klub profesional pembinaannya kurang, nanti anak-anak ini kasian mentalnya ikut profesional, padahal dia itu untuk bela negara,” jelasnya.

Tak hanya itu, PSSI Pusat, lanjut Riyadh, harus bisa meyakinkan pemerintah agar dapat memberikan anggaran khusus untuk pembinaan usia muda. Serta, menjadi jaminan agar nasib para atlet tidak menjadi hancur di masa tuanya.

Saat disinggun apakah Asprov PSSI Jatim bertekad untuk mengelola tim khusus itu. Riyadh mengaku siap, karena PSSI Jatim telah dipercaya untuk melaksanakan berbagai program PSSI Pusat.

“Jatim siap kalau Indonesia membutuhkan bantuan. Bantuan dari Jerman yang nggodok SSB (sekolah sepak bola) regulasi, pelatihnya, perangkatnya, pemainnya di serahkan Jawa Timur. Kalau boleh kita mau pelihara tim itu,” pungkasnya. [Way/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar