Olahraga

Kompetisi Tanpa Degradasi Akan Jadi Lelucon Nasional

Direktur PT PBMB, Zia Ul Haq Abdurrahim.

Pamekasan (beritajatim.com) – Direktur PT Polana Bola Madura Bersatu (PBMB), Zia Ul Haq Abdurrahim menilai wacana kompetisi musim 2021 yang akan digelar tanpa degradasi dan promosi, bakal menjadi lelucon nasional khususnya dalam bidang olahraga cabang sepakbola.

Terlebih induk tertinggi sepakbola tanah air (PSSI) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), juga beralasan wacana tersebut semata-mata karena kehendak klub kontestan. Sekalipun hal tersebut dinilai sebagai ambigo yang cenderung menjadikan kompetisi hanya sebatas serimonial semata.

“Sekarang awal kompetisi 2021 kembali diwacanakan oleh sebagian Exco PSSI, walaupun sebenarnya sampai saat ini belum ada pertemuan atau rapat resmi bersama seluruh stakeholders, termasuk klub kontestan,” kata Zia Ul Haq Abdurrahim, Sabtu (8/5/2021).

Selain itu, wacana kembali melanjutkan kompetisi musim 2020 juga sudah jelas mendapat penolakan dari sekitar tujuh hingga delapan klub kontestan. “Semoga saja PSSI masih menyimpan notulen hasil rapat penolakan lanjutan kompetisi musim lalu,” ungkapnya.

“Sementara kalau berbicara surat yang menginginkan kompetisi digelar tanpa degradasi dan promosi, jelaskan saja siapa yang bersurat, sehingga tidak kemudian menjadi seolah-olah klub yang menghendaki kompetisi tanpa degradasi, ini penting agar tidak melanggar amanah konagres itu sendiri,” jelasnya.

Tidak hanya itu, jika PSSI maupun PT LIB tetep¬†¬† menggulirkan kompetisi musim 2021 tanpa degradasi maupun promosi. Hal tersebut dinilai bakal mencederai amanat dan keputusan kongres. “Tidak kalah penting, jika kompetisi digelar tanpa degradasi tentunya akan menjadi lelucon nasional,” tegasnya.

Sebelumnya pihaknya mewakili Madura United FC, juga menegaskan komitmennya untuk tetap mematuhi regulasi sesuai amanat Kongres PSSI. “Keputusan kongres amanatnya adalah promosi dan degradasi, jadi tidak ada alasan kompetisi tanpa degradasi,” jelasnya.

“Selama ini persiapan Madura United adalah untuk pelaksanaan kompetisi yang kompetitif, sehingga dengan adanya format promosi dan degradasi semakin menjadikan kompetisi berkualitas, bukan justru seperti sebuah turnamen semisal pada edisi 2016 silam,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kompetisi musim 2021 diagendakan bergulir pada pekan pertama Juli 2021 mendatang. Hal tersebut sesuai dengan rencana yang disampaikan Ketua Umum PSSI, Mochammad Irawan yang mengagendakan kick off kompetisi tahun ini bergulir pada 3 Juli 2021. [pin/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar