Olahraga

Kompetisi Bakal Bergulir Lagi, Persebaya Beri Beberapa Catatan

Surabaya (beritajatim.com) – PSSI memastikan kompetisi liga 1 dan 2 akan kembali di gelar September atau Oktober mendarang. Hal ini langsung ditanggapi Presiden Persebaya Azrul Ananda.

Tidak langsung menyetujui rencana berjalannya kembali kompetisi pada akhir tahun mendatang, namun ada beberapa catatan dan poin yang harus disampaikan dalam jangka pendek maupun panjang.

Azrul Ananda melihat beberapa aspek di antaranya kesehatan dan keselamatan pemain, karena masih ada kemungkinan cukup besar situasi memburuk dalam pekan-pekan, atau bulan-bulan kemudian.

Masih ada peluang diberlakukannya kembali PSBB atau bahkan lockdown lebih ketat. Situasi setiap daerah, kota maupun provinsi, juga bisa berbeda-beda. Menimbulkan semakin banyaknya variabel ketidakpastian.

Selain itu masih ada sosial ekonomi masyarakat, impact terhadap timnas hingga finansial liga dan klub- klub di Indonesia yang harus diperhatikan dan dipikirkan.

“Bukan hanya kesehatan dan beberapa aspek, finansial liga dan klub harus diakui, kelanjutan Liga 1 2020 akan mengakibatkan dampak finansial sangat besar terhadap klub-klub. Rencana seluruh pertandingan diselenggarakan di Pulau Jawa juga belum tentu menjadi solusi yang ideal. Karena ini bisa memberi efek lebih tidak mengenakkan lagi bagi klub-klub yang berasal dari luar Pulau Jawa,” ungkap Azrul Ananda dalam rilisnya, Jumat (20/6/2020).

Dengan kondisi ini, Persebaya akan berusaha menghormati segala keputusan yang dibuat berkaitan dengan kelanjutan Liga 1 2020. Tapi kami meminta kepada seluruh stakeholder sepak bola Indonesia untuk benar-benar mempertimbangkan segala keputusan yang dibuat.

“Segala keputusan harus dibuat dengan dasar kepentingan paling luas. Bukan hanya sepak bola nasional dan masa depannya, tapi juga dampaknya terhadap masyarakat lebih luas,”imbuhnya.

Namun kami yakin banyak klub-klub lain memiliki pemikiran yang sama. Jangan sampai mengorbankan masa depan yang pasti, demi jangka pendek yang penuh ketidakpastian. Apalagi kalau itu hanya untuk kepentingan sesaat.[way/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar