Olahraga

Kisah Marc Klok Membelot Ke Persib Hingga Dicap Pengkhianat

(Foto: Twitter @marcklok10)

Surabaya (beritajatim.com) – Bukan cuma di benua biru bursa transfer penuh dengan kejutan. Jelang dimulainya Liga Indonesia musim 2021/22 juga terjadi transfer yang mungkin sebelumnya sulit dibayangkan. Persija Jakarta sebagai tim juara Piala Menpora 2021 harus melepas salah satu pemain kuncinya, Marc Klok. Hal yang mengejutkan karena Marc Klok pindah ke Persib Bandung, klub seteru abadi Persija.

Meski pada akhirnya Klok harus membelot dari Persija, sampai membuat para penggemar mencap dirinya hanya mementingkan uang saja. Tetapi, peran Klok sebagai aktor penting Persija ketika berhasil menjuarai Piala Menpora 2021 kemarin harus diakui.

Penampilan Marc Klok bersama Persija, cukup mengesankan. Sayang, setelah menghantarkan juara Piala Menpora 2021, Klok memutus kontrak kerja samanya di Persija dengan hasil keputusan bersama manajemen. Selama berseragam Persija, Klok mencatat 12 pertandingan bersama Persija menghasilkan 2 gol dan 1 assist. Lalu mengapa transfer yang dianggap penggemar Persija Jakarta sebagai pembelokan ini bisa terjadi?

Marc Klok memulai karirnya bersama Jong Utrecht, ia juga sempat merasakan berbagai klub di Eropa. Lalu musim 2017/2018 pemain asal Belanda ini, memutuskan untuk pindah ke liga Indonesia, ia bergabung dengan PSM Makassar. Penampilan Klok yang cukup mengesankan membuat Persija tertarik, tahun 2020 Klok diboyong ke Jakarta dengan durasi kontrak hingga tahun 2024.

Alasan Klok pindah ternyata diketahui jika salah satunya karena faktor kedekatan dengan rekan satu negaranya. Persib Bandung yang memiliki empat orang bernuansa Belanda yaitu Pelatih Robert Rene Alberts, Ezra Walian, Nick Kuipers, dan Geoffrey Castillion. Apalagi, pelatih Rene Alberts merupakan orang yang membawa Klok pertama melawat di Indonesia bersama PSM Makassar.

Di samping itu manajer pribadi Marc Klok menjelaskan jika kepindahan ini juga soal persamaan visi. Ia mengungkapkan bahwa pihak dari manajemen Persib sangat profesional pada Marc Klok. Hal itu, menjadi salah satu pertimbangan Klok pindah, Marc Klok juga menilai kalau Proyeksi jangka panjang Persib jelas, dirinya merasa tertantang guna berprestasi di tim kesayangan bobotoh. (dan/tur)



Apa Reaksi Anda?

Komentar