Olahraga

Kirab Api Porprov Jatim 2019 Menuju Kabupaten Tuban

Bojonegoro (beritajatim.com) – Setelah disemayamkan di Pendapa Pemkab Bojonegoro, Selasa (2/7/2019) pagi, obor api porprov tersebut akan kembali dikirab menuju Kabupaten Tuban, dan akan diserah-terimakan di perbatasan Bojonegoro – Tuban, tepatnya di Jembatan Glendeng Bojonegoro.

Setelah singgah di Kabupaten Tuban, obor api porprov akan kembali di kirab menuju Kabupaten Gresik, kemudian dilanjutkan di kirab menuju Gedung Negara Grahadi di Surabaya, kemudian akan dikirab lagi untuk persiapan pembukaan Porprov di Kabupaten Lamongan pada 6 Juli 2019.

Ketua Panitia Penyelenggara Porprov Jatim di Kabupaten Bojonegoro, Dandi Suprayitno menuturkan bahwa secara umum pengambilan Api Porprov di Kayangan Api berjalan lancar. “Terima kasih juga untuk masyarkat Bojonegoro yang luar biasa antusiasnya dalam menyambut event porprov di Bojonegoro ini,” tutur Dandi Suprayitno.

Prosesi pengambilan api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim ke-6 tahun 2019, telah dilaksanakan Senin (1/7/2019) dari lokasi wisata Khayangan Api, yang terletak di Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro. Kemudian obor api porprov dikirab mengelilingi sejumlah kecamatan di Kabupaten Bojonegoro.

Pelaksanaan prosesi penyemayaman api porprov tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto didampingi Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli, Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Arh Redinal Dewanto dan dihadiri perwakilan Pengurus Besar (PB) Porprov Jatim 2019, yang diwakili oleh Wakil Ketua Umum III KONI Jawa Timur, H Sucipto.

Selain itu juga Pj Sekda Bojonegoro, Yayan Rohman, Ketua Panitia Penyelenggara Porprov Jatim di Kabupaten Bojonegoro, Dandi Suprayitno dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bojonegoro, Ketua KONI Bojonegoro, dan tamu undangan lainnya.

Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto menyatakan terima kasih kepada seluruh stakeholder dan masyarakat Bojonegoro, sehingga prosesi pengambilan api porprov hingga prosesi penyemayaman api berjalan dengan baik dan lancar. Sebagai tuan rumah, kata Budi Irawanto, Pemkab Bojonegoro bersama pihak terkait, telah berupaya mempersiapkan sejak jauh-jauh hari, dengan harapan pelaksanaan porprov di Kabupaten Bojonegoro dapan berjalan sesuai yang diharapkan.

“Kita sudah siap menjadi tuan rumah porprov 2019 ini, termasuk kesiapan dalam menyambut tamu-tamu kita yang akan datang bertanding maupun yang akan berkunjung ke Bojonegoro,” tutur Wakil Bupati Budi Irawanto.

Sementara itu, perwakilan Pengurus Besar (PB) Porprov Jatim 2019, Sucipto mengapresiasi penyelenggaraan prosesi pengambilan api porprov Jatim di Kabupaten Bojonegoro. Menurut Sucipto, prosesi pengambilan api di Bojonegoro hari ini nyaris sempurna, mulai dari pengambilan apinya, ritualnya, spiritualnya, tariannya, dan semua rangkaiannya.

“Saya kagum, semua masyarakat tumpah ruah di jalan. Mulai anak-anak, bapak-bapak dan ibu-ibu, sambutannya luar biasa, sehingga api yang diperkirakan sampai di pendapa pukul 15.00 WIB, akhirnya baru sampai menjelang mahrib,” tuturnya. [lus/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar